PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP TINGKAT PENJUALAN “STUDI KASUS PADA PT. KAMPUNG COKLAT, BLITAR”
Abstract
PT. Kampung Coklat merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata. Dimana beberapa tahun belakangan memiliki masalah dalam pencapaian tingkat penjualan. Omset penjualan dari tahun 2016 sampai 2019 mengalami penuruan dan kenaikan secara signifikan, yaitu dengan selisih penurunan rata-rata per-tahun sebesar Rp. 938.907.719. Dalam hal ini PT. Kampung Coklat harus memperhatikan strategi pemasaran yang dilakukan terutama dalam hal promosi, sehingga dapat dijadikan langkah penyelesaian masalah dalam peningkatan penjualan secara konsisten. Maka dari itu dilakukan analisa bauran promosi (Promotion Mix) serta analisa SWOT guna memperbaiki strategi promosi yang digunakan Kampung Coklat. Setelah dilakukan analisa, didapatkan hasil bauran promosi yang berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat penjualan berdasarkan respon pelanggan yaitu publisitas dan hubungan masyarakat dengan nilai pengaruh sebesar 9,7% serta pemasaran langsung dengan nilai pengaruh sebesar 14,2%. Dari hasil analisis SWOT didapatkan perbaikan strategi pada perusahaan tersebut menggunakan Growth Oriented Strategy.