ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENURUNKAN JUMLAH PRODUK CACAT DENGAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL PADA UMKM. WARIS SHOES MALANG

  • Mardian Eko Setiabudi teknik industri s-1, institut teknologi nasional malang
  • Prima Vitasari Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Thomas Priyasmanu Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: buku jendela dunia cerdas cermat

Abstract

Mardian Eko Setiabudi, Program Studi Teknik Industri S-1, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang, Juli 2020, Analisis Pengendalian Kualitas Untuk Menurunkan Jumlah Produk Cacat Dengan Metode Statistical Quality Control (SQC) Pada UMKM. Waris Shoes Malang. Dosen Pembimbing: Prima Vitasari dan Thomas Priyasmanu.

UMKM. Waris Shoes merupakan perusahaan industri rumahan yang bergerak di bidang usaha pembuatan sepatu kulit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah UMKM. Waris Shoes sudah berada dalam batas kendali atau belum dan untuk mengetahui jenis-jenis dan penyebab-penyebab terjadinya kerusakan produk (cacat) pada UMKM tersebut. Dalam pengolahan data penelitian ini menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC) yaitu 7 tools antara lain lembar pengecekan, histogram, dll.

Pada perusahaan ini terdapat permasalahan yang sering terjadi yaitu tingkat kecacatan pada produk sepatu yang tinggi yaitu 21,87%. Sehinga menyebabkan keluar dari batas kontrol perushaan selama 9 bulan terakhir penelitian. Sedangkan, perusahaan menetapkan produk cacat tidak boleh melebihi 2%.

Berdasarkan hasil penelitian, hasil yang diperoleh yaitu Jenis kerusakan yang sering terjadi yaitu ukuran dengan persentase kerusakan 45,71%, coretan pulpen dengan persentase kerusakan 29,01%, dan lem dengan persentase kerusakan 25,28%. Dari hasil observasi lapangan dan sesi wawancara, faktor-faktor yang menjadi penyebab kerusakan (cacat) adalah faktor manusia, bahan baku, metode, dan mesin.

 

Kata kunci : batas kendali, produk cacat, pengendalian kualitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-18
How to Cite
SetiabudiM. E., VitasariP., & PriyasmanuT. (2020). ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENURUNKAN JUMLAH PRODUK CACAT DENGAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL PADA UMKM. WARIS SHOES MALANG. Jurnal Valtech, 3(2), 211-218. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2734