ANALISA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE TPM BERDASARKAN NILAI OEE DAN LOSSES MESIN DI ADVERTISING OZY BISA

  • Diana Tri Septiani Teknik. Indsutri S-1 ITN MALANG
  • Ellysa Nursanti
  • Heksa Galuh
Keywords: Produktivitas, Overall Equipment Effectiveness, Six Big Losses, Total Productive Maintenance

Abstract

Peningkatan produktivitas suatu perusahaan dapat diketegorikan degan beberapa penyelesaian. Banyaknya mesin yang digunakan pada saat produksi tidak selamanya tidak mengalami rusak ataupun kendala lain yang mempengaruhi produksi. Untuk jam kerja mesin dapat diselesaikan dengan metode Overall Equipment Effectiveness dan kerusakan mesin diketegorikan dalam Six Big Losses. Dua metode yaitu OEE dan Six Big Losses dapat diselesaikan dan diperbaiki berdasarkan pemeliharaan dan perawatan mesin yang mengalami kerusakan tinggi. Tujuan dilakukan perbaikan dan perawatan adalah menekan biaya kerugian dan meningkatkan kualitas mesin.Peningkatan produktivitas pada penelitian di advertising OZY BISA dengan cara melakukan observasi pada jam kerja mesin dan mengetahui penyebab kerusakan pada saat proses produksi. Observasi jam kerja mesin dilakukan untuk menentukan faktor penyusun OEE dan six big losses untuk mengetahui kerusakan yang terjadi berdasarkan faktor. Pengamatan ini dilakukan dari November 2019- Maret 2020. Hasil perbaikan dan penerapannya dilakukan pada awal bulan Mei 2020. Hasil penelitian ini didapatkan nilai OEE meningkat dari 58,07% menjadi 74,77%. Hasil nilai Six Big Losses sebelum perbaikan yaitu Set Up and Adjusment losses sebesar 8%, Equipment Failure Losses 4%, Idle and Mirror Stoppage 40%, Reduced Speed Losses sebesar 35% dan Deffect Losses sebesar 13%. Faktor penyusun OEE bulan Februari 2020 didapatkan hasil rata-rata Avaibility 94,29%, Perform Rate 79,98% dan Quality Rate sebesar 77%. Nilai six big losses setelah perbaikan pada bulan Mei 2020 didapatkan hasil set up and adjustment sebesar 6%, equipment failure losses 4%, idle and mirror stoppage 44%, reduced speed losses 38% dan defect losses sebesar 10%.  Faktor penyusun OEE pada bulan Mei 2020 didapatkan hasil rata-rata avaibility 95,91%, perform rate 87,59%, quality rate sebesar 89%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-17
How to Cite
SeptianiD. T., NursantiE., & GaluhH. (2020). ANALISA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE TPM BERDASARKAN NILAI OEE DAN LOSSES MESIN DI ADVERTISING OZY BISA. Jurnal Valtech, 3(2), 41-45. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2747