PERANCANGAN FASILITAS MEJA KURSI DI KANTIN YANG MENGACU PADA PRINSIP ERGONOMI (STUDI KASUS: KANTIN LUAR SMP & SMK YP 17 SELOREJO, BLITAR)

  • Maria Dwi Suryaning Tyas Teknik Industri S-1, ITN Malang
  • Dhayal Gustopo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Jr. Heksa Galuh W Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Ergonomi, Beban Torsi, Desain Meja Kursi, SketchUp Pro 2016, MQ Pro

Abstract

Maria Dwi Suryaning Tyas; Program Studi Teknik Industri S – 1, Fakultas Tekbologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang, Juli 2020, Perancangan Fasilitas Meja Kursi di Kantin yang Mengacu pada Prinsip Ergonomi (Studi Kasus Kantin Luar SMP dan SMK YP 17 Selorejo, Blitar). Dosen Pembimbing I: Dr. Ir. Dhayal Gustopo, MT. Dosen Pembimbing II: JR Heksa Galuh W, ST, MT.

 

Kondisi meja dan kursi di Kantin Luar SMP dan SMK YP 17 Selorejo dikatakan kurang nyaman dan kurang ergonomis dikarenakan meja dan kursi kurang sesuai dengan antrophometri siswa. Dari hasil pengamatan yang dilakukan terhadap siswa disimulasikan dengan Software Mannequin Pro diperoleh beban torsi pada punggung siswa sebesar 34 Lb.ft dan beban torsi pada leher sebesar 3 Lb.ft. Dimana kedua beban tersebut menjadi permaslahan ketidaknyamanan siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah desain baru meja dan kursi untuk Kantin Luar SMP dan SMK YP 17 Selorejo. Untuk membuat desain meja dan kursi ini diperlukan hal – hal yang harus diperhatikan untuk menentukan ukuran dimensi meja dan kursi, untuk itu diperlukan data antrophometri ukuran tubuh siswa SMP dan SMK khususnya. Jenis data antrophometri yang digunakan adalah tinggi badan, tinggi siku duduk, tinggi popliteal, lebar paha, jangkauan depan, lebar panggul, lebar bahu, dan tinggi bahu pada posisi duduk. Hal ini perlu dilakukan agar hasil meja dan kursi yang didesain dapat dinikmati oleh siswa saat makan dan siswa merasakan nyaman.

Berdasarkan hasil penelitian, untuk ukuran tinggi meja 72 cm dan lebar meja 83 cm. untuk ukuran kursi didapat tinggi 44 cm, lebar alas 31 cm, lebar sandaran 36 cm, dan tinggi sandaran 46 cm. Dari hasil ukuran meja dan kursi di desain sesuai tema yang diinginkan pemilik kantin menggunakan Software SketchUp Pro 2016. Dimana beban torsi yang dihasilkan menjadi berkurang, pada punggung dari 34 Lb.ft menjadi 10 Lb.ft dan dan pada leher dari 3 Lb.ft menjadi 2 Lb.ft

 

 

Kata Kunci: Ergonomi, Beban Torsi, Desain Meja Kursi, SketchUp Pro 2016, MQ Pro.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-18
How to Cite
Dwi Suryaning TyasM., GustopoD., & Galuh WJ. H. (2020). PERANCANGAN FASILITAS MEJA KURSI DI KANTIN YANG MENGACU PADA PRINSIP ERGONOMI (STUDI KASUS: KANTIN LUAR SMP & SMK YP 17 SELOREJO, BLITAR). Jurnal Valtech, 3(2), 111-117. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2748