RANCANG BANGUN MESIN OVEN KOPI DENGAN PRINSIP QFD DAN ERGONOMI

  • Putra Zakaria Purnama Teknik Industri S-1 ITN Malang
  • Nelly Budiharti Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang
  • Thomas Priyasmanu
Keywords: Quality Function Deployment (QFD), Antropometri, Ergonomi

Abstract

Abstrak, Kopi merupakan salah satu komoditas dari hasil pertanian yang dipergunakan sebagai bahan baku pada industri makanan dan minuman. Menyangrai (roasted) kopi adalah proses menggoreng kopi tanpa menggunakan minyak. Penyangraian kopi pada dasarnya merupakan proses pengubahan kimiawi dan fisika dari properti kopi, dalam hal ini adalah aroma, rasa asam dan berbagai perisa yang ada di kopi. Permasalahan yang dihadapi petani pada saat penggorengan biji kopi adalah masih menggunakan wajan dan tungku tradisional, petani kesulitan untuk menentukan kematangan kopi secara merata, proses pengolahan kopi yang masih dilakukan secara konvensional dan belum banyak alat bantu serta para petani mengeluhkan pegal pada tangan dan punggungnya akibat melakukan cara kerja yang kurang ergonomis dan dilakukan untuk waktu yang lama.

Metode yang dipergunakan yaitu dengan analisis Quality Function Deployment (QFD)  yang mana berupa kuisioner yang langsung ditujukan pada petani kopi untuk mengetahui keinginan petani dalam produk yang akan dibuat berupa produk mesin oven kopi. Kemudian diperkuat dengan penggunaan Analisis Antrophometri yang menganalisa desain dari mesin oven kopi tersebut sebagai acuan dalam perancangan alat kerja yang akan dibuat.

Hasil yang didapatkan pada analisis Quality Function Deployment (QFD) yaitu Desain yang ergonomis, kapasitas besar, material yang kuat dan ringan, sambungan yang rapi, permukaan halus dan rapi, mudah digunakan, sesuai ukuran tinggi tubuh, lapisan permukaan yang tahan karat. Pengolahan data antropometri untuk perancangan alat berupa mesin oven kopi memberikan dimensi alat yang akan dibuat yaitu panjang mesin sebesar 45 cm, lebar mesin 40 cm, tinggi mesin 100 cm dari mesin baru ini dilakukan lagi analisis menggunakan aplikasi mannequin pro untuk posisi kerja baru dan menunjukkan skor akhir yang berkurang dari kondisi sebelum di desain ulang, pada bagian punggung dari 28 Nm menjadi 10 Nm yang berarti aman dipergunakan. Hasil akhir dari perancangan mesin oven kopi ini juga menunjukkan beberapa kelebihan fitur antara lain menggunakan tenaga listrik, komponen material anti karat untuk kapasitas 2 kg.

 

Kata Kunci: Quality Function Deployment (QFD), Antropometri, Ergonomi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-16
How to Cite
PurnamaP. Z., BudihartiN., & PriyasmanuT. (2020). RANCANG BANGUN MESIN OVEN KOPI DENGAN PRINSIP QFD DAN ERGONOMI . Jurnal Valtech, 3(2), 25-31. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2763