ANALISIS QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) UNTUK PERBAIKAN PRODUK THAI TEA MEREK KAW-KAW DI UKM WARALABA DI LANDUNGSARI, MALANG

  • Nava Dyana teknik industri s-1, institut teknologi nasional malang
  • Nelly Budiharti Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Heksa Galuh Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: mutu, voice of customer

Abstract

Abstrak

Dalam rangka melakukan perbaikan produk thai tea merek kaw-kaw di UKM Waralaba di landungsari, malang dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) yang bertujuan untuk memperoleh Voice of Customer, kepuasan pelanggan, tindakan respon teknis, dan usulan perbaikan yang sebaiknya diperbaiki oleh UKM untuk meningkatkan kualitas produk. Berdasarkan hasil survei kepada 30 orang konsumen yang pernah mengkonsumsi kaw-kaw thai tea, sebanyak 60% konsumen mengatakan tidak puas terhadap produk kaw-kaw thai tea. Hal ini perlu dilakukan penelitian untuk perbaikan kualitas produk. Penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) dan House Of Quality (HOQ) sebagai alat untuk mendukung penggunaan metode QFD. Diperoleh atribut-atribut yang menjadi prioritas dalam perbaikan produk (kesesuaian kualitas produk dengan harga, varian rasa, kesesuian rasa, warna dalam minuman, tidak mengandung bahan pengawet, tidak mengandung bahan kimia berbahaya, kualitas bahan baku produk, kejangkauan harga, hieginitas sedotan, desain cup, kesediaan plastik, pengepresan kemasan, kemudahan cup untuk dibawa dan label nomer izin pirt/bpom pada kemasan. Berdasarkan hasil penelitian perbaikan produk kaw-kaw thai tea, didapatkan target dari respon teknis yang perlu ditingkatkan yaitu takaran air hingga 1%, takaran sari teh hingga 10%, masak teh dan air dengan takaran 1:1. Mempertahankan takaran susu UHT (ultra), creamer, susu carnation, mengurangi takaran es batu dan pengemasan.

 

Kata Kunci : Quality Function Deployment (QFD), House Of Quality (HOQ)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-18
How to Cite
DyanaN., BudihartiN., & GaluhH. (2020). ANALISIS QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) UNTUK PERBAIKAN PRODUK THAI TEA MEREK KAW-KAW DI UKM WARALABA DI LANDUNGSARI, MALANG. Jurnal Valtech, 3(2), 153-159. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2768