Analisis Risiko Key Performance Indicator (KPI) Untuk Meningkatkan Pencapaian Target Nilai KPI Tahunan Di PT Pamapersada Nusantara Distrik Baya

  • Muchamat Choirul Fatoni Teknik. Indsutri S-1 ITN MALANG
  • Ellysa Nursanti Teknik. Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Heksa Galuh Teknik. Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Failure Mode and Effect Analysis, Key performance Indicators, Mitigasi

Abstract

Meningkatkan performance quality merupakan salah satu cara untuk bertahan dan memajukan perusahaan. Guna mencapai target yang telah di rencanakan maka diperlukan instrumen monitor kinerja yaitu dengan menggunakan Key Perfornamce Indicators. Pada kenyataan di lapangan pencapian target tidak selalu sama dengan apa yang sudah direncanakan. Dapat melebihi ekspektasi maupun sebaliknya sub kinerja yang belum memenuhi target dapat menjadi potensi masalah dan pada akhirnya akan menghambat proses penambangan, menurunnya profit margin, dan menurunnya costumers satisfaction.

Untuk meningkatkan pencapaian target Key Performance Indicators maka langkah-langkah yang dilakukan yaitu identifikasi masalah, analisis risiko, evaluasi risiko, implementasi, dan review. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi temuan-temuan pada proses practical di lapangan diolah dengan meggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis yang mana diinginkannya adanya mitigasi atas hambatan yang muncul pada saat proses produksi berlangsung.

Didapatkan hasil yang menunjukkan kenaikan pencapaian target KPI setelah di komparasikan antara KPI yield to date Desember 2019 dengan yield to date Juni 2020. Implementasi Good Mining Practice pada YTD Desember 2019 tercapai sebesar 81.25%adanya peningkatan pada YTD Juni 2020 menjadi sebesar 99% Gross profit margin yang awalnya tercapai 96,68% menjadi 100.3% yang artinya mitigasi pada temuan masalah terbukti efektif untuk meningkatkan pencapian target KPI.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-18
How to Cite
FatoniM. C., NursantiE., & GaluhH. (2020). Analisis Risiko Key Performance Indicator (KPI) Untuk Meningkatkan Pencapaian Target Nilai KPI Tahunan Di PT Pamapersada Nusantara Distrik Baya. Jurnal Valtech, 3(2), 144-147. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2775