STUDI KELAYAKAN INVESTASI BISNIS PADA PROYEK PENGOLAHAN KELAPA SAWIT DI INDRAGIRI HILIR , RIAU ( Studi Kasus di PT. Risman Scham Palm Indonesia )

  • Difa Muzakar Teknik Industri S-1 ITN Malang
  • Ida Bagus Suardika Teknik Industri S-1 ITN Malang
  • Sujianto Sujianto Teknik Industri S-1 ITN Malang
Keywords: analisis finansial, analisis studi kelayakan

Abstract

Industri dan perkebunan kelapa sawit mampu memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan sosial secara signifikan di Indonesia. Kebutuhan minyak sawit dunia mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa dasawarsa terakhir dengan produksi minyak sawit saat ini diperkirakan lebih dari 45 juta ton. Salah satu perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang pengolahan  kelapa sawit adalah PT. Risman Scham Palm Indonesia, yang terletak di Indragiri Hilir, Riau. PT. Risman Scham Palm Indonesia merencanakan investasi berupa alat untuk meningkatkat jumlah produksi karena permintaan dalam negri maupun luar negri semangkin meningkat. Untuk itu perlu di lakukan analisis studi kelayakan investasi untuk mengetahui layak atau tidaknya investasi ini di lakukan. Dalam penelitian ini peneliti menganalisis dari aspek finansial,aspek ekonomi dan aspek sosial dan lingkungan.

Hasil analisis menunjukan investasi layak di lakukan, Nilai rencana investasi dmengalami titik impas jika mampu menjual CPO sejumlah 1.725 ton CPO. Nilai NPV yang didapat untuk proyeksi rencana investasi  bernilai positif pada angka Rp 10.253.621.408,00. Persentase IRR sebesar 8,881% yang menunjukkan bahwa IRR lebih besar dari suku bunga pinjaman (DF = 5%). Periode Payback Period berada pada tahun ke-1 di bulan ke-8. Nilai ROI  adalah sebesar 350% yang menunjukkan bahwa nilai investasi positif karena berada di atas rata-rata industri (rata-rata industry = 30%). Aspek ekonomi memberikan nilai positif dan Aspek sosial dan lingkungan juga memberikan nilai positif.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-18
How to Cite
MuzakarD., SuardikaI. B., & SujiantoS. (2020). STUDI KELAYAKAN INVESTASI BISNIS PADA PROYEK PENGOLAHAN KELAPA SAWIT DI INDRAGIRI HILIR , RIAU ( Studi Kasus di PT. Risman Scham Palm Indonesia ). Jurnal Valtech, 3(2), 131-136. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2789