ANALISIS STRATEGI PENJUALAN KOPI ROAST BEAN MENGGUNAKAN METODE MARKETING MIX 7P (STUDI KASUS UKM KOPITALIZM)

  • Rima Ngindia Teknik Industri S1 Institut Teknologi Nasional Malang
  • Prima Vitasari Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Kiswandono Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Belajar Teknik Industri

Abstract

Abstrak, Analisis Strategi Penjualan Kopi Roast Bean Menggunakan Metode Marketing Mix 7p (Studi Kasus UKM Kopitalizm), UKM Kopitalizm adalah salah satu coffee roastery yang ada di Malang yang menjual kopi roast bean. UKM memiliki masalah penurunan dalam Penjualan kopi Roast Bean. Dimana target penjualan dari bulan Januari sampai September 2020 belum ada yang tercapai, yaitu dengan target penjualan setiap bulannya sebesar 1000 Kilogram atau 1 Ton dan yang tercapai rata-rata hanya 327 Kilogram per bulannya. Penelitian ini menggunakan metode Marketing Mix 7p. Penelitian dilakukan dengan cara melakukan wawancara terhadap pemilik dan karyawan. Dari hasil wawancara tersebut diketahui yaitu UKM menerapkan konsep digital namun masih belem optimal, konsep digital yang digunakan adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook dan Instagram namun belum terealisasi, UKM sudah menerapkan protokol kesehatan selama pandemi seperti menyediakan handsanitizer , tempat untuk cuci tangan, dan juga meneapkan wajib masker, jaga jarak dan menggunakan cek suhu termometer namun belum semua tersedia, UKM menerapkan shift kerja dan tidak ada pengurangan karyawan, strategi menghadapi masa pandemi dengan cara menerapkan pesan antar dan pembelian via online namun belum terealisasi, penjualan terbanyak masih pembelian secara langsung, Persentase penurunan penjualan berkisar antara 30-40%, banyaknya persaingan produk sejenis, masih ada proses produksi secara manual, UKM kurang evaluasi dan kurang memahani konsep Marketing Mix 7p.

 

Kata Kunci : Marketing Mix, Kopi, Promosi, Strategi Penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-13
How to Cite
NgindiaR., VitasariP., & Kiswandono. (2021). ANALISIS STRATEGI PENJUALAN KOPI ROAST BEAN MENGGUNAKAN METODE MARKETING MIX 7P (STUDI KASUS UKM KOPITALIZM). Jurnal Valtech, 4(1), 42-48. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/3341