ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL PEGAWAI DINAS KESEHATAN DIMASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DINAS KESEHATAN KAB. WAY KANAN)

  • Annisa Putri Zainal Teknik Industri S-1, ITN Malang
  • Salmia LA Teknik Industri S-1, ITN Malang
  • Renny Septiari Teknik Industri S-1, ITN Malang
Keywords: Beban Kerja Mental, RSME, Fishbone Diagram

Abstract

meningkatnya kasus covid-19 di Indonesia menyebabkan pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi permasalahan ini agar segera teratasi. Salah satu lembaga yang berwenang dalam penanganan kasus covid-19 adalah Dinas Kesehatan. Dinas kesehatan memegang peranan penting dalam penanganan kasus covid-19. Sebagai garda terdepan hal ini memberi pengaruh besar terhadap beban kerja mental pegawai Dinas Kesehatan dikarenakan pekerjaan dan tekanan yang bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat beban kerja mental pegawai Dinas Kesehatan Way Kanan dengan menggunakan metode Rating Scale Mental Effort (RSME), serta menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan meningkatnya beban kerja mental pegawai dengan menggunakan fishbone diagram. Dari hasil analisa dengan menggunakan metode Rating Scale Mental Effort (RSME) diperoleh bahwa beban kerja mental tertinggi sebesar 90,69 pada indikator Kegelisahan Kerja (KIK) dengan kategori great effort (usaha yang dilakukan besar).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-16
How to Cite
ZainalA. P., LAS., & SeptiariR. (2021). ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL PEGAWAI DINAS KESEHATAN DIMASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DINAS KESEHATAN KAB. WAY KANAN). Jurnal Valtech, 4(2), 14-18. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/3816