ANALISIS SEGMENTING DAN SERVICE QUALITY UNTUK SURVIVABILITY USAHA KSU BROSEM SARI APEL

  • Moh Afandy Afandy Teknik Industri S1
  • Ida Bagus Suardika Teknik Industri S1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Renny Septiari Teknik Industri S1, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Heterogenitas Pasar, Ketidakpastian pasar, Segmenting, Service Quality

Abstract

Ketidakpastian pasar yang meningkat seiring dengan berjalannya waktu, dan heterogenitas konsumen yang kompleks menuntut adanya upaya berkelanjutan dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginannya. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa pada saat pandemic covid 19 terjadi penumpukan stock yang diakibatkan dari permintaan yang menurun, dan pengembalian produk dari para retail. KSU Brosem Sari Apel tidak juga tidak memiliki perencanaan atau upaya berkelanjutan dalam menghadapi kondisi tersebut. Analisis segmenting (demografis, psikografis, perilaku, dan keputusan pembelian), dan service1 quality (atangible, reliability1, responsiveness, 13assurance, dan 2empathy) merupakan integrase metode yang itepat untuk menyelesaikan permasalahan pada aspek pasar. Dalam analisis segmenting menggunakan1 statistik deskriptif4 dan analisis1 regresi rlinear2 berganda1 yang menampilkan penyebaran konsumen dan bagaimana hubungan antar variabel, disisi lain terdapat service quality yang akan menganalisis bagaimana tingkat kepuasan pelanggan dari pelayanan yang diberikan. rMetode hpengumpulan1 ydata 0menggunakan2 hkuesioner edan diolah5 1dengan software IBM SPSS 22.0. Hasil yang diperoleh adalah pasar potensial KSU Brosem Sari Apel yaitu: wanita dengan rentang usia 31-40 tahun, memiliki pekerjaan wiraswasta, dan status sudah menikah, untuk hasil uji F diperoleh bahwa variabel bebas (demografis, psikografis, dan perilaku) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan, dan untuk uji t diperoleh hanya satu variabel bebas (perilaku) yang gberpengaruhk f4signifikanp wlterhadap keputusanp topembelian fdsecara hparsial, dan xuntuk analisis service quality yaitu: variabel responsiveness paling dibutuhkan oleh konsumen, disisi lain kualitas layanan tertinggi dan terendah terdapat pada reliability dan tangible, terakhir indikator pelayanan yang harus menjadi pokok perhatian adalah penampilan pegawai, akurasi pelayanan, komitmen, dan kemampuan menjaga kepercayaan. KSU Brosem Sari Apel dapat memprioritaskan variabel maupun indikator – indikator yang harus dioptimalkan untuk menyikapi ketidakpastian dan heterogenitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-16
How to Cite
AfandyM. A., Bagus SuardikaI., & SeptiariR. (2021). ANALISIS SEGMENTING DAN SERVICE QUALITY UNTUK SURVIVABILITY USAHA KSU BROSEM SARI APEL. Jurnal Valtech, 4(2), 34-42. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/3822