MANAJEMEN RANTAI PASOK UNTUK MENGATASI FLUKTUASI PERMINTAAN KONSUMEN MINUMAN SARI APEL PADA KSU BROSEM
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendapatkan strategi SCM untuk mengatasi fluktuasi permintaan konsumen pada KSU Sari Apel Brosem dan mengusulkan untuk mengatasi fluktuasi permintaan konsumen pada KSU Sari Apel Brosem. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara survey lapangan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode Bullwhip Effect. Hasil diperoleh dari perhitungan Bullwhip Effect pada Bulan Desember Bullwhip (1,233806), Belum memenuhi permintaan (0,997077), Belum memenuhi permintaan (0,646041); pada Bulan Februari Bullwhip Effect (1,303388), Bullwhip Effect (1,052262), Belum memenuhi permintaan (0,977325); pada Bulan Maret Bullwhip Effect (2,178121), Bullwhip Effect (1,264289), Bullwhip Effect (2,296139); pada Bulan April Bullwhip Effect (4,337824), Belum memenuhi permintaan (0,910119), Bullwhip Effect (13,21796); pada Bulan Mei Bullwhip Effect (1,969209), Bullwhip Effect (1,018539), Bullwhip Effect (2,089972); pada Bulan Juni Belum memenuhi permintaan (0,899305), Bullwhip Effect (1,005688), Bullwhip Effect (1,668026). Setelah mendapatkan hasil perhitungan Bullwhip Effect maka peneliti memberikan saran agar dilakukan pengecekan refresh strategi secara periodik. Rajin memelihara komunikasi yang baik dengan semua elemen pihak stakeholder.