MANAJEMEN RANTAI PASOK UNTUK MENGATASI FLUKTUASI PERMINTAAN KONSUMEN MINUMAN SARI APEL PADA KSU BROSEM

  • Fauzan Utama Teknik Industri S-1
  • Ellysa Nursanti Teknik Industri S-1, Intitut Teknologi Nasional Malang
  • Thomas Priyasmanu Teknik Industri S-1, Intitut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Bullwhip Effect, Permintaan, SCM

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendapatkan strategi SCM untuk mengatasi fluktuasi permintaan konsumen pada KSU Sari Apel Brosem dan mengusulkan untuk mengatasi fluktuasi permintaan konsumen pada KSU Sari Apel Brosem. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara survey lapangan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode Bullwhip Effect. Hasil diperoleh dari perhitungan Bullwhip Effect pada Bulan Desember Bullwhip (1,233806), Belum memenuhi permintaan (0,997077), Belum memenuhi permintaan (0,646041); pada Bulan Februari Bullwhip Effect (1,303388), Bullwhip Effect (1,052262), Belum memenuhi permintaan (0,977325); pada Bulan Maret Bullwhip Effect (2,178121), Bullwhip Effect (1,264289), Bullwhip Effect (2,296139); pada Bulan April Bullwhip Effect (4,337824), Belum memenuhi permintaan (0,910119), Bullwhip Effect (13,21796); pada Bulan Mei Bullwhip Effect (1,969209), Bullwhip Effect (1,018539), Bullwhip Effect (2,089972); pada Bulan Juni Belum memenuhi permintaan (0,899305), Bullwhip Effect (1,005688), Bullwhip Effect (1,668026). Setelah mendapatkan hasil perhitungan Bullwhip Effect maka peneliti memberikan saran agar dilakukan pengecekan refresh strategi secara periodik. Rajin memelihara komunikasi yang baik dengan semua elemen pihak stakeholder.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-16
How to Cite
UtamaF., Nursanti E., & PriyasmanuT. (2021). MANAJEMEN RANTAI PASOK UNTUK MENGATASI FLUKTUASI PERMINTAAN KONSUMEN MINUMAN SARI APEL PADA KSU BROSEM. Jurnal Valtech, 4(2), 64-71. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/3827