STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA INDUSTRI KONVEKSI SABLON KAOS DI HOME INDUSTRY 35 SCREEN PRINTING TUREN

  • Louis Allandika Tengor Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Nelly Budiharti Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ida Bagus Suardika Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Prioritas Pengembangan Usaha, SWOT, AHP

Abstract

Industri konveksi sablon kaos salah satu industri kecil dan menengah yang cukup populer di Indonesia. UD. 35 Screen Printing didirikan pada tahun 2017 yang berlokasi di dusun Trimo, Desa Sawahan, Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur. Adapun produk yang dihasilkan oleh UD. 35 Screen Printing selain produk utama berupa kaos adalah, masker, hoodie, dan tas spunbond. Masalah yang dihadapi UD. 35 Screen Printing ialah pada persaingan usaha sablon kaos sangat kompetitif dan sulitnya usaha sablon kaos bertahan ditengah pandemi COVID-19 yang membuat produksi di UD. 35 Screen Printing tidak menentu karena bergantung pada jumlah pesanan yang masuk. Tujuan penelitian ini untuk menentukan strategi pengembangan usaha pada industri konveksi sablon kaos di home industry 35 screen printing. Metode yang digunakan yaitu metode SWOT yang digunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman di UD. 35 Screen Printing. Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) merupakan metode yang digunakan untuk menentukan strategi prioritas dari hasil matriks SWOT. Hasil yang diperolah dari metode  SWOT   ialah pada kuadran satu SO (Strenghts – Oppotunities), dimana titik koordinatnya pada 2,49 ; 2,32 dimana dalam posisi tersebut UD. 35 Screen Printing harus bisa memanfaatkan peluang yang ada dengan mempertahankan kekuatan yang dimiliki. Hasil yang diperoleh dari matriks SWOT dilanjutkan menggunakan metode AHP yang menghasilkan prioritas strategi SO1 (Strengths Opportunities 1) yang memiliki nilai prioritas sebesar 31% dimana UD. 35 Screen Printing membuka lini produksi sablon kaos yang menerima order dalam jumlah satuan (tanpa minimal order)  dengan mempertahankan kualitas yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-16
How to Cite
Allandika TengorL., Budiharti N., & Bagus SuardikaI. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA INDUSTRI KONVEKSI SABLON KAOS DI HOME INDUSTRY 35 SCREEN PRINTING TUREN. Jurnal Valtech, 4(2), 72-81. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/3829