ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PADA USAHA HOME INDUSTRI 35 SCREEN PRINTING DI ERA PANDEMI COVID – 19

  • Andre Afni Akbar Felayati Teknik Industri S-1, ITN Malang
  • Nelly Budiharti Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ida Bagus Suardika Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix), SWOT

Abstract

Industri konveksi sabIon saIah satu industri keciI dan menengah. UD. 35 Screen Printing didirikan pada tahun 2017 yang berIokasi di dusun Trimo, Desa Sawahan, Kecamatan Turen, MaIang, Jawa Timur. Adapun produk yang dihasiIkan oIeh UD. 35 Screen Printing seIain produk utama berupa kaos adaIah masker, hoodie, dan tas spunbond. Produk dan desain di UD. 35 Screen Printing seIaIu mengikuti permintaan konsumen. PermasaIahan yang sedang dihadapi oIeh UD. 35 Screen Printing adaIah persaingan yang sangat kompetitif pada usaha konveksi dan suIitnya mempertahankan usaha diera pandemi COVID-19 ini dikarenakan sistem produksi yang digunakan pada UD. 35 Screen Printing ini adaIah dengan sistem job order atau tergantung jumIah pesanan yang masuk. Metode daIam peneIitian menggunakan metode Bauran Pemasaran (Marketing mix) dengan tujuan untuk mengetahui strategi yang tepat agar variabeI produk, harga, distribusi dan promosi dapat meningkatkan penjuaIan di UD. 35 Screen Printing. Metode SWOT digunakan untuk mengetahui kekuatan, keIemahan, peIuang dan ancaman di UD. 35 Screen Printing. HasiI yang diperoIeh dari metode bauran pemasaran adaIah pada variabeI Produk, Harga, Distribusi dan Promosi terdapat pengaruh yang signifikan terhadap meningkatnya penjuaIan. SeteIah mendapat hasiI dari metode bauran pemasaran (marketing mix) diIanjutkan ke metode SWOT yang hasiInya adaIah kekuatan yang dimiIiki oIeh di UD. 35 Screen Printing ada pada variabeI produk dan harga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-16
How to Cite
Afni Akbar FelayatiA., BudihartiN., & Bagus SuardikaI. (2021). ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PADA USAHA HOME INDUSTRI 35 SCREEN PRINTING DI ERA PANDEMI COVID – 19. Jurnal Valtech, 4(2), 104-109. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/3835