Pengendalian Kualitas Produk pada Industri Kerajinan Gerabah Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Study kasus pada sentra kerajinan gerabah Desa Pagelaran, Kec. Pagelaran, Kab. Malang)

  • RICO LAX SNIKY Teknik Indutsri S1 ITN Malang
  • Nelly Budiharti Teknik Industri S1 Institut Teknologi Nasional Malang
  • Thomas Priyasmanu Teknik Industri S1 Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Kata Kunci : House Of Quality, QFD, Quality Function Deployment, Rumah Kualitas

Abstract

Abstrak, Dusun getaan yang berada di Desa Pagelaran Kecamatan Pagelaran merupakan sentra kerajinan produk gerabah berupa peralatan dapur dan beberapa perkakas lain tradisionallainnya  yang terletak di kawasan Kabupaten Malang. Sentra gerabah tersebut berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Malang, di sebelah selatan kota Malang atau biasa di sebut dengan Malang selatan, berada satu jalur utama jalan menuju kawasan wisata pantai Malang selatan. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa terdapat penurunan penjualan yang terjadi pada bulan Januari sampai Juni 2020, dikarenakan konsumen merasa kurang puas dengan kualitas produk gerabah Desa Pagelaran. Dengan menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD), peneliti dapat melakukan evaluasi dan memberikan usulan kepada produk gerabah Desa Pagelaran agar pengrajin mengetahui kekurangan dari produknya dan segera melakukan perbaikan. Setelah mengetahui masalah dan kekurangan produk gerabah, langkah selanjutnya adalah melakukan analisa hasil kuesioner yang telah di bagikan kepada konsumen gerabah Desa Pagelaran. Setelah melakukan analisa menggunakan metode QFD, beberapa atribut yang perlu ditingkatkan adalah terdapat varian warna pada produk, terdapat variasi gambar pada produk, produk terdapat ornament pendukung, model/desain produk kekinian, dan produk tidak mudah pecah dan awet. Atribut yang harus dipertahankan adalah produk berkualitas, produk sesuai fungsinya, terdapat variasi model produk, dan finishing produk rapi dan halus.

  

 Kata Kunci : House Of Quality, QFD, Quality Function Deployment, Rumah Kualitas

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-16
How to Cite
LAX SNIKYR., BudihartiN., & PriyasmanuT. (2021). Pengendalian Kualitas Produk pada Industri Kerajinan Gerabah Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Study kasus pada sentra kerajinan gerabah Desa Pagelaran, Kec. Pagelaran, Kab. Malang). Jurnal Valtech, 4(2), 113-119. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/3837