PENILAIAN BEBAN FISIK PADA PROSES PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FISIOLOGIS (Studi Kasus Pada Pekerja Packaging Home Industry Ganesa)

  • Celsa Julia Pujatari Teknik Industri S1 ITN Malang
  • Dayal Gustopo Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Emmalia Adriantantri Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Beban Fisik, DNI, DNK, Kebutuhan Kalori, %HRR

Abstract

Home Industry Ganesa ialah industri skala rumah berada di daerah claket, Mojokerto yang  memproduksi olahan ketela menjadi keripik. Permasalahan yang terjadi pada Home Industry Ganesa ialah keluhan yang dirasakan oleh karyawan packaging pada saat melakukan pekerjaannya. Tujuan dari peneIitian ini yakni untuk menghitung dan mengkIasifikasikan beban kerja fisioIogis serta memberikan usuIan perbaikan postur untuk mengurangi beban kerja fisiologis pekerja packaging. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fisiologis dimana penyelesaiannya dilakukan dengan perhitungan denyut nadi sebelum dan selama bekerja, kebutuhan kalori, dan %HRR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan beban kerja berdasarkan denyut nadi diketahui terdapat 1 pekerja yang termasuk dalam kategori ringan yakni Yuhar dengan DNK sebesar 86 denyut/menit. Sedangkan 5 pekerja lainnya termasuk dalam kategori sedang yaitu Mariati, Freal, Vani, Khalifah dan Nila dengan masing-masing DNK sebesar 120 denyut/menit, 100 denyut/menit, 120 denyut/menit, 120 denyut/menit, 100 denyut/menit. Hasil perhitungan kebutuhan kalori 6 orang pekerja masuk dalam klasifikasi ringan dengan rentang 1200-2400 kkal/8 jam kerja. Hasil perhitungan %HRR yang termasuk dalam klasifikasi beban kerja fisik dilakukan perbaikan ialah Mariati, Vani, dan Khalifah dengan nilai sebesar 47,36%, 50,96%, dan 51,13%. Sedangkan 3 pekerja lainnya masuk dalam klasifikasi beban kerja fisik tidak terjadi kelelahan yakni Freal, Yuhar, dan Nila dengan nilai 15,05%, 21,66%, dan 15,55%. Usulan perbaikan untuk mengurangi beban kerja fisiologis pekerja packaging yaitu usuIan alat kerja berupa meja dengan rentang 40-60 cm daIam artian dapat diatur tingkat ketinggian mejanya dan memberikan tambahan waktu setengah jam untuk beristirahat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-16
How to Cite
PujatariC. J., GustopoD., & AdriantantriE. (2021). PENILAIAN BEBAN FISIK PADA PROSES PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FISIOLOGIS (Studi Kasus Pada Pekerja Packaging Home Industry Ganesa). Jurnal Valtech, 4(2), 134-140. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/3839