USULAN MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN ROTI PADA ANGSA CAKE & BAKERY MALANG

  • Risa Anggraini Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ellysa Nursanti Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Jr. Heksa Galuh W Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Peningkatan Penjualan, Manajemen Strategi, Analisis SWOT, Metode QFD, Analisis Marketing Mix 4P

Abstract

Abstrak, Angsa Cake & Bakery Malang, merupakan salah satu jenis usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergerak di bidang pangan, yaitu memproduksi roti dan kue dengan berbagai rasa. Penelitian ini difokuskan pada Usulan Manajemen Strategi Peningkatan Penjualan Roti Pada UMKM Angsa Cake & Bakery Malang. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi:1) Untuk mengetahui kondisi aktual perusahaan melalui analisis SWOT: 2) Memberikan usulan teknis peningkatan penjualan menggunakan QFD dan Marketing Mix 4P: 3) Mendapatkan ekspektasi peningkatan penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis SWOT, Metode QFD dan Analisis Marketing Mix 4P, dengan menggunakan teknik wawancara, penelitian Pustaka, penelitian  lapangan, dan penelusuran literatur. Untuk menguji data menggunakan uji Validitas dan uji Reliabilitas. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa menejemen strategi yang harus digunakan adalah Manajemen strategi hubungan SWOT dengan Marketing Mix dan Manajemen strategi Hubungan QFD dengan Marketing Mix. Kedua hubungan ini saling berkaitan dengan product, price, dan place, promotion, dengan hasil akhir pada bulan Juni sebanyak 2396 mengalami perkembangan sebesar 1,52 % dari bulan sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-16
How to Cite
AnggrainiR., NursantiE., & Galuh WJ. H. (2021). USULAN MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN ROTI PADA ANGSA CAKE & BAKERY MALANG. Jurnal Valtech, 4(2), 179-187. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/3851