USULAN MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN ROTI PADA ANGSA CAKE & BAKERY MALANG
Abstract
Abstrak, Angsa Cake & Bakery Malang, merupakan salah satu jenis usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergerak di bidang pangan, yaitu memproduksi roti dan kue dengan berbagai rasa. Penelitian ini difokuskan pada Usulan Manajemen Strategi Peningkatan Penjualan Roti Pada UMKM Angsa Cake & Bakery Malang. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi:1) Untuk mengetahui kondisi aktual perusahaan melalui analisis SWOT: 2) Memberikan usulan teknis peningkatan penjualan menggunakan QFD dan Marketing Mix 4P: 3) Mendapatkan ekspektasi peningkatan penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis SWOT, Metode QFD dan Analisis Marketing Mix 4P, dengan menggunakan teknik wawancara, penelitian Pustaka, penelitian lapangan, dan penelusuran literatur. Untuk menguji data menggunakan uji Validitas dan uji Reliabilitas. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa menejemen strategi yang harus digunakan adalah Manajemen strategi hubungan SWOT dengan Marketing Mix dan Manajemen strategi Hubungan QFD dengan Marketing Mix. Kedua hubungan ini saling berkaitan dengan product, price, dan place, promotion, dengan hasil akhir pada bulan Juni sebanyak 2396 mengalami perkembangan sebesar 1,52 % dari bulan sebelumnya.