STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI PENDEKATAN SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING DAN PENERAPAN CUSTOMER RELATION MANAGEMENT DI “LN OUTDOOR” MALANG (PERSEWAAN ALAT CAMPING)

  • Ramadhanti Karimatan Nisa Teknik Industri S-1 ITN MALANG
  • Sri Indriani Teknik Industri S-1 Institut Teknologi Nasional MALANG
  • Emmalia Adriantantri Teknik Industri S-1 Institut Teknologi Nasional MALANG
Keywords: Segmenting, Targeting, Positioning, Customer Relation Management.

Abstract

LN OUTDOOR merupakan tempat (UMKM) usaha menengah kecil masyarakat yang memberikan jasa penyewaan alat camping. Lokasinya yang sangat strategis berada di jalur menuju wisata pantai kabupaten Malang Selatan, memulai usaha sejak tahun 2019. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM LN OUTDOOR saat ini adalah persaingan jasa dibidang pariwisata, hal ini membuat para UMKM jasa dibidang pariwisata mulai membenahi diri. Tujuan penelitian adalah untuk pengembangan bisnis dengan strategi Segmenting, Targeting, Positioning serta penerapan Customer Relation Management guna mempertahankan bahkan meningkatkan pelanggan. Metode yang digunakan dalam memperoleh data penelitian kuantitatif ini berupa kuisioner yang disebarkan kepada 25 responden, wawancara dan dokumentasi. Variabel penelitian berupa demografis, geografis, psikografis, preferensi pelanggan, kompetitor pembanding, dan 4P (Product, Place, Price, Promotion). Data kuisioner diolah dengan cara pemeriksaan data, klasifikasi data, verifikasi data menggunakan software SPSS dan data dianalisa dengan uji validitas dan realibilitas, uji normalitas, Uji F. Hasil penelitian menentukan target pasarnya yaitu mulai dari usia 17 – 25 tahun berjenis kelamin pria, didominasi oleh para mahasiswa yang gemar berwisata ke gunung dan perlu membenahi aspek 4P(Product, Place, Promotion, Price) yang belum memenuhi kriteria, dengan menambah ketersediaan produk, penataan ulang layout produk, dan promosi yang menarik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-16
How to Cite
Karimatan NisaR., IndrianiS., & AdriantantriE. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI PENDEKATAN SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING DAN PENERAPAN CUSTOMER RELATION MANAGEMENT DI “LN OUTDOOR” MALANG (PERSEWAAN ALAT CAMPING). Jurnal Valtech, 4(2), 96-103. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/3864