STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING (STP) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KOPI POSO

  • Helianto Wutabisu Teknik Industri S-1, ITN Malang
  • Sri Indriani Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Thomas Priyasmanu Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Kepuasan Konsumen, Segmentation, Targeting, Positioning, Strategi

Abstract

Kopi Poso merupakan salah satu produk usaha kecil dan menengah yang ada di Kabupaten Poso yang mengolah biji kopi Robusta menjadi produk kemasan kopi bubuk. Dalam perkembangannya, usaha Kopi Poso sampai saat ini belum pernah melakukan analisa pasar, karena masih berfokus pada penjualan serta pengembangan produk. Sebuah strategi diperlukan untuk meningkatkan dan memperluas pemasaran serta analisa untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat sebagai konsumen terhadap produk Kopi Poso. Pada penelitian ini menggunakan metode Costumer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen, mendeskripsikan Segmentation, Targeting, dan Positioning (STP) dan selanjutnya menentukan strategi untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk Kopi Poso. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kepuasan konsumen di peroleh dari hasil perhitungan Costumer Satisfaction Indeks (CSI) sebesar 83,22% yang menggambarkan tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut kualitas produk Kopi Poso termasuk dalam kategori “sangat puas”. Penetapan Segmentation, Targeting, dan Positioning didasarkan pada karakteristik demografis dan penilaian konsumen. Pada analisis segmentasi terbentuk 3 segmen berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendidikan terakhir, pendapatan perbulan dan status perkawinan. Analisis targeting ditetapkan bahwa segmen 2 dan 3 yang menjadi target pasar karena memiliki persentase anggota cluster tertinggi. Positioning yang terbentuk berdasarkan penilaian responden terhadap atribut bauran pemasaran. Rumusan Strategi Pemasaran yang terbentuk dari hasil analisis terhadap produk Kopi Poso yaitu mempertahankan kualitas produk yang sudah ada, melakukan pengecekan terhadap proses produksi yang mempengaruhi rasa kopi, membuat kemasan dalam bentuk kecil (sachet) yang siap saji. Kemasan sachet juga mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang lebih murah, Dengan menambah jumlah toko, agen dan cafe/kedai kopi agar memudahkan konsumen mendapatkan produk. Promosi jangka pendek seperti potongan harga (diskon) maupun bonus. Menjalin dan mempertahankan kerjasama dengan pihak pemerintah dan swasta untuk mendukung promosi produk.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-16
How to Cite
WutabisuH., IndrianiS., & PriyasmanuT. (2021). STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING (STP) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KOPI POSO. Jurnal Valtech, 4(2), 217-225. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/3874