STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING DENGAN ANALISIS SWOT DI PT. MEINDO ELANG INDAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan analisis SWOT dan menentukan strategi perusahaan dalam meningkatkan daya saing pada PT.MeindoElangIndah.Permasalahandalampenelitianiniadalah “ bagaimana uji peningkatan strategi daya saing dengan Analisis SWOT berperan dalam menentukan strategi meningkatkan daya saing pada PT.Meindo Elang Indah”. Metode penelitianyang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif, Matriks SWOT, Perumusan matrik IFAS (Internal Factor Analysis Summary),Matriks EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary), Matrik Internal dan Eksternal (IFE Matrik dan EFE Matrik) Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini PT.Meindo Elang Indah Strategi bersaing yang diterapkan tidak hanya menyediakan produk yang berkualitas namun juga mempertimbangkan dan komitment untuk penyerahan produk tepat waktu dengan harga yang bersaing, menjaga kepuasan pelanggan, meningkatkan strategi promosi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan mempertahankan citra perusahaan di mata pelanggan sehingga
meningkatkan loyalitas pelanggan dan nilai Matrix Internal Factor Analysis Summary (IFAS Matrix) adalah 2,92 yang mengindikasikan bahwa posisi PT.Meindo Elang Indah memiliki posisi internal yang sangat kuat. Sedangkan nilai Matrix Eksternal Factor Analysis Summary (EFAS Matrix) adalah 3,27 yang mengindikasikan bahwa PT. Meindo Elang Indah dalam menghadapi dinamika lingkungan eksternal posisi perusahaan relatif kuat untuk mendukung kebijaksanaan pertumbuhan yang agresif.