PEMILIHAN LOKASI BARU PABRIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BROWN GIBSON DI CV. SUKSES MAKMUR COMODITI KABUPATEN MALANG

  • Sandi Priyanto Teknik Industri ITN Malang
Keywords: Brown Gibson, Kriteria, Lokasi, Faktor Objektif, Faktor Subjektif

Abstract

Lokasi suatu perusahaan mempunyai pengaruh terhadap nilai strategis dalam peningkatan terhadap keunggulan di bidang efisiensi produksi dan juga peningkatan layanan konsumen. CV. Sukses Makmur Comoditi akan mengembangkan usahanya dengan cara membuka pabrik baru di daerah kota malang dikarenakan kapasitas produksi yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi untuk memenuhi permintaan konsumen yang semakin meningkat.

Tugas akhir ini menerapkan Metode Brown-Gibson dipilih karena pada pemodelan ini bertujuan memberikan keputusan atau solusi yang terbaik dari beberapa alternatif. Metode ini menggabungkan faktor objektif dan subjektif dalam pembuatan keputusan sehingga didapat keputusan yang terbaik, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah alternatif yang optimal untuk pembangunan pabrik baru berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan.

Berdasarkan Perhitungan secara manual menggunakan analisis Brown Gibson, maka didapatkan nilai LPMi per alternatif lokasi pabrik , untuk rekomendasi tertinggi adalah Lokasi Alternatif 5 kemudian Lokasi Alternatif 1 , Lokasi Alternatif 2 , Lokasi Alternatif 4, Lokasi Alternatif  3.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-20
How to Cite
PriyantoS. (2019). PEMILIHAN LOKASI BARU PABRIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BROWN GIBSON DI CV. SUKSES MAKMUR COMODITI KABUPATEN MALANG. Jurnal Valtech, 1(2), 78-83. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/417