ANALISIS OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS CUP FILLING MACHINE MELALUI PENDEKATAN SIX BIG LOSSES (STUDI KASUS PT. TMJ)

  • Kadek Dinda Okta Vianty Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Julianus Hutabarat Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Salmia L.A Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Overall Equipment Effectiveness, Six Big Losses, 5W 1H

Abstract

PT. TMJ merupakan perusahaan yang memproduksi air minum dalam kemasan yang terletak di Provinsi Bali Dalam proses produksi air minum kemasan gelas, pihak PT. TMJ menetapkan target produksi sebanyak 2200 dus per hari yang dibantu oleh tenaga mesin (cup filling machine). Beberapa masalah mesin dialami oleh PT. TMJ, yakni berhentinya mesin ditengah waktu produksi yang disebabkan oleh kerusakan komponen mesin dan dihasilkannya produk cacat setiap waktu produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur nilai efektivitas cup filling machine menggunakan metode overall equipment effectiveness dan mengalisis faktor six big losses dominan yang mempengaruhi nilai tersebut. Perhitungan diawali dengan pengukuran nilai OEE dan dilanjutkan dengan perhitungan nilai masing-masing komponen Six Big Losses. Analisis nilai tertinggi dari hasil perhitungan six big losses digunakan untuk memberikan usulan perbaikan menggunakan metode 5W+1H. Data yang digunakan merupakan data sekunder periode Agustus 2021 hingga Oktober 2021 yang didapat dengan mengunjungi langsung pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan nilai overall equipment effectiveness pada cup filling machine PT. TMJ sebesar 65,69% dengan faktor six big losses dominan yakni reduced speed loss atau penurunan kecepatan mesin dengan presentase 59,95%. Nilai OEE masih berada dibawah standar global yang ditetapkan. Hal ini dapat mengakibatkan kerugian dari segi waktu juga material untuk itu perlu dilakukan perbaikan dengan menggunakan metode 5W+1H untuk meningkatkan produktivitas mesin dan meminimalisir kerugian yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-14
How to Cite
ViantyK. D. O., HutabaratJ., & L.AS. (2022). ANALISIS OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS CUP FILLING MACHINE MELALUI PENDEKATAN SIX BIG LOSSES (STUDI KASUS PT. TMJ). Jurnal Valtech, 5(1), 50-57. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/4502