INTEGRASI METODE FORECASTING, EOQ DAN AHP GUNA OPTIMALISASI PRODUKSI INDUSTRI CONSUMER GOODS

  • Galih Afandy Teknik Industri S-1 ITN Malang
  • Emmalia Adriantantri Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Soemanto Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: forecasting, economic order quantyti (EOQ), analytical hierarchy process (AHP), POM QM, expert choice 11

Abstract

CV Kembang Jaya merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang consumer goods dengan memproduksi air minum dalam kemasana (AMDK). Permasalahan yang terjadi di CV Kembang Jaya adalah terjadi penurunan penjualan mencapai 62% pada tahun 2020 akibat pandemi covid-19 dan kebijakan pembatasan sosial, frekuensi pemesanan bahan kemas dalam satu semester mencapai 9 kali pemesanan serta terjadinya permasalahan produksi mulai dari banyaknya produk cacat, keterlambatan produksi hingga terhentinya proses produksi akibat salah dalam memilih supplier. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghitung permintaan AMDK cup 220 ml pada periode yang akan datang menggunakan metode peramalan, (2) menghitung jumlah optimum pembelian bahan kemas AMDK cup 220 ml menggunkan metode EOQ, (3) menganalisa serta menentukan supplier terbaik untuk menyuplai kemasan AMDK cup 220 ml berdasarkan metode AHP. Teknik analisa data peramalan dilakukan menggunakan metode forecasting dengan bantuan software POM QM, teknik analisa data persediaan dilakukan melalui metode EOQ dan teknik analisa data untuk pemilihan supplier dilakukan melalui metode AHP dengan bantuan software expert choice 11. Hasil dari penelitian ini adalah peramalan permintaan untuk tahun 2022 adalah sebesar 363.683 dus, EOQ sebesar 3.858.755 pcs dengan safety stock sebesar 8.301 pcs; reoder point di 85.005 pcs dan frekuensi pemesanan dalam satu tahun menjadi 4 kali. Supplier terbaik berdasarkan Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah PT Hokkan Deltapack Industri dengan nilai 0,3843.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-14
How to Cite
AfandyG., AdriantantriE., & Soemanto. (2022). INTEGRASI METODE FORECASTING, EOQ DAN AHP GUNA OPTIMALISASI PRODUKSI INDUSTRI CONSUMER GOODS. Jurnal Valtech, 5(1), 31-41. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/4541