STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM AZZA SABLON DI DESA WADENG KECAMATAN SIDAYU KABUPATEN GRESIK JAWA TIMUR

  • Wahyu Abdillah Teknik Industri S-1,Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ida Bagus Suardika Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Soemanto Soemanto Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Pengembangan Usaha, Analisis SWOT, Strategi, Matriks,

Abstract

Abstrak, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu aktor ekonomi yang penting di Indonesia. Karena jumlahnya yang sangat banyak dan menyerap tenaga kerja yang luar biasa banyaknya. UMKM Azza Sablon didirikan pada tahun 2017 yang berlokasi di Desa Wadeng, Kecamatan Sidayu, Gresik, Jawa Timur. Adapun produk yang dihasilkan oleh UMKM AZZA selain produk utama berupa kaos adalah karung dan spanduk. Produk dan desain selalu mengikuti permintaan konsumen. Masalah yang dihadapi oleh UMKM Azza Sablon tidak tercapainya target pemesanan dikarenakan banyaknya persaingan pada usaha sablon kaos yang kompetitif sehingga UMKM AZZA harus memiliki strategi pengembangan usaha agar bisa bersaing dipasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pengembangan usaha pada UMKM Azza Sablon.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SWOT yang digunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman di UMKM Azza Sablon. Hasil yang diperolah dari metode SWOT ialah kuadran dua ST (Strenghts-Theaths), dimana titik koordinat pada 1,87;-0,58 dimana dalam posisi tersebut UMKM AZZA Sablon dapat memanfaatkan kekuatan yang dimiliki serta mengatasi ancaman yang dimiliki. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-28
How to Cite
AbdillahW., Bagus Suardika I., & SoemantoS. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM AZZA SABLON DI DESA WADENG KECAMATAN SIDAYU KABUPATEN GRESIK JAWA TIMUR . Jurnal Valtech, 5(2), 1-9. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/5381