PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS UNTUK MENGURANGI ARUS BOLAK-BALIK (BACK TRACKING) PADA PROSES PRODUKSI (STUDI KASUS UMKM INDAH SARI)

  • Aris Wahyudi Teknik Industri S-1 Institut Teknologi Nasional Malang
  • Julianus Hutabarat Teknik Indutri S-1 Institut Teknologi Nasional Malang
  • Heksa Galuh Teknik Indutri S-1 Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Tata Letak Fasilitas, Systematic Layout Planning, Arus Bolak-balik

Abstract

Pada UMKM Indah Sari terdapat masalah yaitu penempatan area fasilitas yang kurang tepat dan adanya arus bolak-balik (back tracking) yang terjadi pada aliran produksi. Permasalahan tersebut menyebabkan jarak tempuh yang terlalu jauh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengurangi jarak tempuh yang terlalu jauh yang diakibatkan adanya arus bolak-balik (back tracking) dengan menggunakan metode SLP (Systemtic Layout Planning). Tahapan dalam penerapan metode Systemtic Layout Planning meliputi analisis Activity Relationship Chart (ARC), analisis tabel worksheet, analisis Aktivity Relationship Diagram (ARD), menentukan kebutuhan luas lantai, analisis Space Relationship Diagram (SRD), pembuatan layout usulan, membuat detail layout usulan, pemilihan layout usulan dan langkah terakhir yaitu evaluasi layout usulan. Ada 3 alternatif layout usulan yang dihasilkan dalam penelitian ini. Alternatif layout usulan I menghemat jarak tempuh sebesar 58,7%, alternatif layout usulan II menghemat jarak tempuh sebesar 61,9%, dan alternatif layout usulan III menghemat jarak tempuh sebesar 62,1%. Alternatif layout usulan III memperoleh penghematan yang paling besar, sehingg alternatif layout usulan III dipilih menjadi layout yang direkomendasikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-28
How to Cite
WahyudiA., HutabaratJ., & GaluhH. (2023). PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS UNTUK MENGURANGI ARUS BOLAK-BALIK (BACK TRACKING) PADA PROSES PRODUKSI (STUDI KASUS UMKM INDAH SARI). Jurnal Valtech, 5(2), 28-36. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/5388