ANALISIS KELAYAKAN BISNIS PADA PENGEMBANGAN PRODUKSI USAHA KOPI ROBUSTA (Study Kasus: UMKM LOCA NUSA, Malang, Jawa Timur)

  • Rizky Witama putra Teknik Industri S1, Insitut Teknologi Nasioanl Malang
  • Sri Indriani Teknik Industri S1, Insitut Teknologi Nasioanl Malang
  • Ida Bagus Suardika Teknik Industri S1, Insitut Teknologi Nasioanl Malang
Keywords: Kopi Robusta, Analisis Studi Kelayakan, Analisis Finansial

Abstract

UMKM Loca Nusa adalah sebuah usaha bisnis yang mengolah biji kopi mentah hingga menjadi bubuk siap pakai. Permasalahan yang muncul di UMKM Loca Nusa karena kapasitas mesin produksi belum mencapai jumlah permintaan yang ada maka itu perlukan pengembangan penambahan mesin produksi kopi untuk menambahkan daya tampung produksi. Sebab itu, dibutuhkan penambahan mesin yang di lakukan UMKM Loca Nusa. Dalam hal ini, UMKM Loca Nusa harus memperhatikan kelayakan penambahan mesin, Dalam penelitian ini menganalisis berbentuk perhitungan tidak layak ataupun layak usaha pengembangan penambahan mesin dilihat dari segi aspek teknis, sosial maupun aspek finansial.

Investasi dapat dilakukan dari hasil analisis yang ada. Jika dapat menjual 9996Kg, maka nilai investasi dapat menjadi break-even point/titik impas. Dari hasil investasi tersebut, nilai NPV yang harus diraih agar mendapatkan nilai positif yaitu di harga Rp 445.307.227. Persentase IRR sebesar 6,959 % yang di mana IRR menunjukan lebih tinggi daripada suku bunga pinjam (DF= 6%). Payback Period yang ada pada 3 bulan 9 hari. Nilai ROI adalah sebesar 47,9%. Aspek Teknis dikatakan layak karena melihat dari lokasi, bahan baku, proses produksi, dan pemilihan teknologi serta UMKM Loca Nusa sudah sesuai Standard Operation Procedure (SOP). Aspek sosial dikatakan layak dan juga dapat memberi hasil yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-28
How to Cite
Witama putraR., IndrianiS., & SuardikaI. B. (2023). ANALISIS KELAYAKAN BISNIS PADA PENGEMBANGAN PRODUKSI USAHA KOPI ROBUSTA (Study Kasus: UMKM LOCA NUSA, Malang, Jawa Timur). Jurnal Valtech, 5(2), 54-60. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/5399