ANALISI STUDI KELAYAKAN INVESTASI PADA PERUSAHAAN PAVING STONE UD. INDAH CEMERLANG

  • Zikry Ilham Almakky Teknik Industri S1, Insitut Teknologi Nasioanl Malang
  • Sri Indriani Teknik Industri S1, Insitut Teknologi Nasioanl Malang
  • Ida Bagus Suardika Teknik Industri S1, Insitut Teknologi Nasioanl Malang
Keywords: Studi Kelayakan, Analisi Finansial

Abstract

Penanaman modal dalam berinvestasi memerlukan penilaian dan perhatian khusus karena dana yang diperlukan relatif besar dan menyangkut investasi jangka panjang serta beresiko. Dapat diketahui penelitian pada perusahaan UD. Indah Cemerlang malang yang mengalami peningkatan jumlah permintaan sedangkan jumlah produksi yang dihasilkan terbatas, oleh sebab itu perusahaan perlu menambah mesin produksi baru guna memenuhi jumlah permintaan yang melebihi kapasitas produksi tersebut. Oleh karena itu diperlukan pertimbangan yang cermat dan matang untuk melakukan penilaian invstasi. Penlilaian tersebut bertujuan untuk memberikan informasi apakah investasi tersebut layak untuk dijalankan atau tidak..

Penilaian investasi meliputi aspek finansial, aspek pemasaran, aspek teknis, dan aspek sosial dan lingkungan. Aspek finansial sendiri menggunakan beberapa metode perhitungan diantaranya seperti Break Even Poin (BEP), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Payback Periode (PP) , Return On Invesment (ROI). Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa BEP unit = 479.200 (Investasi akan mengalami balik modal jika perusahaan mampu menjual 429.200 pcs), NPV = Rp 1.759.500.000,00 (Sesuai dengan syarat jika NPV > 0 maka investasi bernilai positif dan layak untuk dijalankan), IRR = 21% ( bernilai positif lebih besar dari factor diskonto), PP = 3 tahun (lebih pendek dari umur ekonomis mesin yaitu 10 tahun), ROI = 654% (Sudah di atas rata-rata indutri).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-28
How to Cite
Ilham AlmakkyZ., IndrianiS., & Bagus SuardikaI. (2023). ANALISI STUDI KELAYAKAN INVESTASI PADA PERUSAHAAN PAVING STONE UD. INDAH CEMERLANG. Jurnal Valtech, 5(2), 61-68. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/5401