PERANCANGAN TANGGA PRAKTIS PADA BODY PINTU GERBONG KERETA API YANG ERGONOMIS

  • Farhan Juliano Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Salmia L.A Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Renny Septiari Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Antropometri, Ergonomi, Perancangan Tangga

Abstract

Kereta apiĀ  merupakan alat transportasi darat yang menjadi favorit masyarakat. Kelebihan kereta api selainĀ  cepat dan murah, kedatangan kereta api terjadwal, tetapi pada transportasi kereta api tangga naik turun penumpang masih belum menjadi satu pada body pintu gerbong kereta api. Stasiun kereta api dilengkapi dengan fasilitas keselamatan, keamanan, kenyamanan naik turun penumpang. Namun pada kondisi standar kenyamanan penumpang di stasiun masih kurang memadahi terutama pelayanan naik turun penumpang di area peron rendah tidak normal. Hal ini menimbulkan tidak nyamannya penumpang saat hendak naik turun kereta api dikarenakan bancik untuk naik turun penumpang tidak selalu tepat menempatkanya dengan pintu saat kereta api berhenti, sehingga bancik perlu digeser. Perancangan tangga turun naik penumpang berfungsi untuk mempermudah dan meningkatkan kenyamanan penumpang saat naik turun dari kereta api, serta mengurangi pekerjaan pegawai kereta api atau pegawai stasiun kereta api agar tidak menggeser bancik untuk di tepatkan tempatnya dengan pintu kereta api. Perancangan tangga pada pintu gerbong kereta api akan disesuaikan dengan metode ergonomi dan ilmu antropometri. Data penumpang diambil sebanyak 67 penumpang. Hasil Analisis dihasilkan ukuran tangga ergonomis. untuk ukuran perancangan tangga didapatkan 94 cm untuk tinggi tangga, 54x28 cm untuk lebar tangga, 63 kg untuk kemampuan tangga menopang penumpang, 26 cm untuk melangkah naik turun tangga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-28
How to Cite
JulianoF., L.AS., & SeptiariR. (2023). PERANCANGAN TANGGA PRAKTIS PADA BODY PINTU GERBONG KERETA API YANG ERGONOMIS. Jurnal Valtech, 5(2), 115-118. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/5465