PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN PENDEKATAN HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESMENT, AND RISK CONTROL (HIRARC) (STUDI KASUS UD TOHU SRIJAYA BATU JAWA TIMUR)

  • Gangga Laksha Pradana Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Fourry Handoko Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Heksa Galuh W Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: K3, HIRARC, APD

Abstract

Abstrak, UD. Tohu Srijaya adalah salah satu industri kreatif yang bergerak dalam bidang kerajinan kayu yang berkembang di Kota Batu, Jawa Timur. UD, memproduksi kerajinan kayu seperti box tissue, box roti, laci, nampan, rak CD, meja lipat, peti penyimpanan, dan bingkai. Permasalahan dalam penelitian ini terjadinya kecelakaan kerja yang disebabkan oleh kurangnya penegakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di UD. Tohu Srijaya. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi perbaikan sistem yang baik dalam menekan risiko kecelakaan kerja yang terjadi menggunakan pendekatan Hazard Identification, Risk Assessment, And Risk Control (HIRARC).Untuk pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Setelah dilakukan pengamatan menggunaakn metode Hazard Identification, Risk Assessment, And Risk Control (HIRARC) di UD. Tohu Srijaya ditemukan 21 risiko yang terdiri dari Low berjumlah 7, Moderate berjumlah 5, dan High berjumlah 6  Extreme berjumlah 3. Sehingga rekomendasi perbaikan berupa substitusi penggantian, pengendalian teknis, pengendalian administrasi dan pengendalian APD, Peneliti juga menyusun Standar Oprasional Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai rekomendasi perbaikan untuk UD. Tohu Srijaya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-28
How to Cite
Laksha PradanaG., HandokoF., & Galuh W H. (2023). PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN PENDEKATAN HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESMENT, AND RISK CONTROL (HIRARC) (STUDI KASUS UD TOHU SRIJAYA BATU JAWA TIMUR). Jurnal Valtech, 5(2), 10-18. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/5482