ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA MENGGUNAKAN METODE SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS PAVING BLOCK UD. INDAH CEMERLANG)

  • Febri Hendra Restu Saputra Teknik Industri S-1, Intitut Tekhnologi Nasional Malang
  • Ida Bagus Suardika Teknik Industri S-1, Intitut Tekhnologi Nasional Malang
  • Renny Septiari Teknik Industri S-1, Intitut Tekhnologi Nasional Malang
Keywords: Analytical Hierarchy Process, Fluktuatif, Segmenting, Targeting, Positioning

Abstract

  1. Indah Cemerlang salah satu industri Paving Block yang terletak di Jalan Rogonoto No. 261 Singosari, Malang. Berdasarkan wawancara dengan pemilik usaha, industri mengalami permintaan pesanan yang Fluktuatif atau naik turun permintaan pada bulan April 2021 – Maret 2022. Tujuan Penelitian ini menentukan segmentasi, target, posisi serta mengembangkan usaha perusahaan di UD. Indah Cemerlang. Metode yang digunakan metode Segmenting, Targeting, Positioning (STP), untuk mengetahui target pasar yang nantinya akan di fokuskan. Analytical Hierarchy Process (AHP) menjadi tools dari Targeting. Untuk pengembangannya dilakukan analisis keunggulan jasa untuk mengetahui kekurangan apa saja yang ada pada UD. Indah Cemerlang. Hasil dari penelitian ini UD. Indah Cemerlang untuk targetnya ialah pelanggan yang berjenis kelamin laki – laki, berusia 36 tahun ke atas, yang mempuyai pekerjaan kontraktor di wilayah kabupaten Malang. Untuk mengembangkan UD. Indah Cemerlang yang paling penting di perusahaan ini manfaatkan media sosial dikarenakan sekarang semua menggunakan via digital.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-28
How to Cite
Restu SaputraF. H., SuardikaI. B., & SeptiariR. (2023). ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA MENGGUNAKAN METODE SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS PAVING BLOCK UD. INDAH CEMERLANG). Jurnal Valtech, 5(2), 166-173. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/5519