USULAN PENERAPAN (K3) PADA STASIUN BOILER UNTUK MENGURANGI RISIKO KECELAKAAN KERJA MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA)

  • Ahmad Zaid Vagas Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Iftitah Ruwana Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Heksa Galuh Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Bahaya, Risiko, Job Safety Analyisis, JSA

Abstract

PT. Teknik Utama Mandiri yang bergerak dalam sector industry pertanian & manufaktur memproduksi minyak mentah kelapa sawit (CPO). PT. Teknik Utama Mandiri yang terdiri dari pabrik kristal sawit (PKS) beroperasi dalam produksi minyak mentah kelapa sawit, Pabrik kristal sawit (PKS) memiliki beberapa stasiun yaitu Loading Ramp, Rebusan, Press dan stasiun boiler. Setiap stasiun memilliki potensi bahaya sehingga dampaknya akan terjadi terhadap para karyawan PT. Teknik Utama Mandiri, Maka dari itu pentingnya setiap perusahaan mewajibkan dalam penerapan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dengan tujuan untuk mengurangi jumlah kecelakaan kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa Job Safety Analysis (JSA) sebagai identifikasi bahaya worksheet distasiun boiler yang mana memiliki angka dengan tingkat risiko cukup tinggi. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini berupa menurunnya potensi bahaya distasiun boiler.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-04
How to Cite
Zaid VagasA., RuwanaI., & GaluhH. (2023). USULAN PENERAPAN (K3) PADA STASIUN BOILER UNTUK MENGURANGI RISIKO KECELAKAAN KERJA MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA). Jurnal Valtech, 6(2), 153-156. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/7269