PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT VICO INDONESIA MUARA BADAK – KALIMANTAN TIMUR

  • Try Akbar Teknik Industri ITN Malang
Keywords: Budaya Organisasi, Motivasi, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis budaya organisasi, motivasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT VICO (Virginia Company) Indonesia Muara Badak – Kalimantan Timur perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas. Untuk mencapai tujuan atau sasaran, perusahaan perlu memperhatikan kinerja karyawan yang menurun karena adanya indikasi menurunnya motivasi kerja dan disiplin kerja yang kurang dipertekankan, adapun faktor yang paling dominan meningkatkan kinerja karyawan adalah budaya organisasi yang diciptakan baik bagi perusahaan.

Pengumplan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada 65 karyawan PT VICO (Virginia Company) Indonesia Muara Badak – Kalimantan Timur. Analisis data pada penelitian ini meggunakan SPSS versi 16. Pengolahan data yan digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji F, uji T.

Hasil analisis menunjukan bahwa Pengaruh budaya organisasi, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan mempunyai pengaruh sebesar 20,5% dan sisanya 79,5% di pengaruhi oleh indikator lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini seperti tingkat pendidikan, umur, fasilitas yang ada di perusahaan. Dan dapat diketahui variabel yang paling dominan adalah budaya organisasi dari hasil pengujian secara statistik Thitung >Ttabel dengan nilai, 2,6879 > 1,6686 dengan tingkat signifikan 0,009 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-21
How to Cite
AkbarT. (2019). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT VICO INDONESIA MUARA BADAK – KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Valtech, 1(2), 97-102. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/730