PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING MENGGUNAKAN METODE S.W.O.T DAN WEIGHTED PRODUCT PADA UMKM SAMBEL PECEL MBAK TI

  • Handito Ilham Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Fourry Handoko Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Emmalia Adriantantri Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: SWOT, Weighted Product, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bernama Sambel Pecel Mbak Ti merupakan penyedia Sambel Pecel dalam bentuk kemasan. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh UMKM ini adalah persaingan dalam hal pemasaran. Saat ini, UMKM Sambel Pecel Mbak Ti masih menggunakan pendekatan pemasaran konvensional, yakni dengan menjual produknya secara langsung ke toko atau kedai makanan. Namun, UMKM ini menemui persaingan yang ketat mengingat beberapa perusahaan saingan telah berhasil mengadopsi strategi pemasaran melalui media sosial dengan cakupan yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alternatif strategi berdasarkan hasil analisis SWOT dan Metode Weighted Product. Pendekatan yang digunakan melibatkan metode SWOT untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang relevan, serta metode Weighted Product untuk memberikan dukungan dalam pengambilan keputusan. Hasil analisis SWOT mengindikasikan bahwa perusahaan berada dalam kuadran I, yang juga dikenal sebagai S.O (Strength Opportunities), dengan koordinat (2,49;2). Dari analisis Metode Weighted Product, alternatif strategi terbaik adalah yang ketiga, yaitu Strategi Segmentasi Pasar, dengan skor 0,3350. Oleh karena itu, rekomendasi strategi yang dihasilkan adalah untuk mengembangkan variasi produk dengan menawarkan berbagai tingkat kepedasan, serta memanfaatkan platform seperti Shopee untuk memperluas jangkauan pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-04
How to Cite
IlhamH., HandokoF., & AdriantantriE. (2023). PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING MENGGUNAKAN METODE S.W.O.T DAN WEIGHTED PRODUCT PADA UMKM SAMBEL PECEL MBAK TI. Jurnal Valtech, 6(2), 198-207. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/7368