ANALISIS DAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DI PERUM PERCETAKAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA (PERUM PNRI)

  • Rizky Muttaqin Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Nelly Budiharti Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Kiswandono Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Penilaian kinerja karyawan, kriteria, sub kriteria, Analiytic hierarcy process (AHP), Rating scale.

Abstract

Penilaian Kinerja adalah sistem formal yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja karyawan selama periode waktu tertentu. Perum PNRI adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang percetakan, dalam meningkatkan mutu internal salah satu upaya adalah dengan melakukan penilaian kinerja karyawan yang dalam pengaplikasian kerjanya tidak sesuai dengan peraturan yang ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan software expert choice untuk menentukan bobot setiap kriteria dan sub kriteria kemudian melakukan evaluasi kinerja karyawan menggunakan metode rating scale. Terdapat 3 kriteria dan 14 sub kriteria diperoleh dari hasil diskusi dengan pihak-pihak yang memahami kriteria penilaian kinerja pegawai dan sub kriteria yang akan dijadikan indikator dalam penilaian kinerja karyawan. Berdasarkan kriteria dan subkriteria yang digunakan menunjukkan bahwa kriteria yang memiliki bobot terbesar adalah kriteria kemampuan pencapaian, untuk subkriteria kemampuan fokus tugas, kualitas, dan ketelitian kerja dengan bobot 0,140. Berdasarkan penilaian kinerja masih banyak sekali karyawan yang memiliki kinerja sesuai standar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-04
How to Cite
MuttaqinR., BudihartiN., & Kiswandono. (2023). ANALISIS DAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DI PERUM PERCETAKAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA (PERUM PNRI). Jurnal Valtech, 6(2), 228-236. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/7399