PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN BERBASIS WEBSITE DI DINOYO KERAMIK

  • Desmon Petrus Adikara Nangameka Teknik Industri ITN Malang
Keywords: Analytical Hierarchy Process (AHP), Pemasaran, Website

Abstract

, Informasi sangatlah penting untuk kehidupan di dunia saat ini apalagi kita hidup di era teknologi informasi yang mempunyai karakteristik yang begitu cepat.Hal ini mengakibatkan dibutuhkan suatu pengumpulan dan proses informasi yang merupakan dasar yang paling esensial.

Menurut data survey APJII (Asosisasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) yang diperoleh dari laman resminya (apjii.or.id) menunujukkan bahwa pada tahun 2016 Sementara untuk perilaku pengguna internet di Indonesia, menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dari laman resminya (apjii.or.id) menunjukkan bahwa pada tahun 2016, sebanyak 130,8 juta atau 98,6 dari pengguna mengetahui bahwa internet sebagai tempat jual beli barang dan jasa sementara dari 130,8 juta orang tersebut sekitar 63,5% pernah bertansaksi secara online pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta user. Selama ini Dinoyo Keramik sebagian besar masih menggunakan transaksi jual beli secara offline. Hal ini yang menyebabkan adanya selisih antara produksi dan penjualannya yang berakibat pada turunnya laba perusahaan.Untuk itu diperlukannya suatu laman internet atau website yang sesuai dengan segmentasi, tareget sasaran dan posisi produk dari Dinoyo Keramik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis segmentasi, target pasar dan posisi produk dan merancang strategi pemasaran yang efektif berupa website di Dinoyo Keramik.Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi untuk mendapatkan data – data yang dibutuhkan.Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode STP dan AHP.

Dari hasil penelitian  didapatkan bahwa kelompok segmentasi pada perusahaan Dinoyo Keramik terdiri dari 2 segmen yaitu segmen I dan segmen II. Kemudian dilakukan penentuan segmen pasar terbaik menggunakan AHP dan didapatkan bahwa segmen II merupakan segmen terbaik. Positioning dilakukan agar perusahaan tahu alas an mengapa konsumen memilih Dinoyo Keramik. Setelah dianalisis menggunakan metode STP dan AHP didapatkan sebagian besar konsumen produk berada di segmen II.Berdasarkan informasi yang diberikan ,barang yang dibeli oleh konsumen di segmen II yaitu adalah kategori Souvenir Pernikahan dan Dekorasi Rumah.Hal inilah yang menjadi acuan untuk membuat website seuai dengan segmen II

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-21
How to Cite
Adikara NangamekaD. P. (2019). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN BERBASIS WEBSITE DI DINOYO KERAMIK. Jurnal Valtech, 1(2), 114-122. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/747