STUDY KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRI DI F.A.P CLOTHING KABUPATEN MALANG

  • Dhimas Sandi Prabowo Teknik Industri ITN Malang
Keywords: Pengembangan Usaha, Studi Kelayakan Usaha, Aspek Studi Kelayakan

Abstract

Lingkup bisnis merupakan wadah untuk kegiatan atau aktivitas yang di kerjakan oleh perusahaan untuk mencari keuntungan atau nilai tambah, dapat di jumpai banyak pekerja pabrikan maupun pegawai negeri sipil yang mempunyai sampingan bisnis dirumahnya, salah satunya adalah memiliki suatu usaha sendiri, usaha yang dikembangkan adalah usaha Pakaian Bersablon yang terletak di Kecamatan Lawang.

Teori pendukung yang digunakan adalah study kelayakan usaha sebagai bagan dalam pengembangan usaha ini, adapun peninjauan yang dilakukan adalah peninjauan Aspek Pasar, Aspek Finansial, Aspek Manajemen dan Organisasi, Aspek Hukum dan Aspek Ekonomi Sosial sebagai bahan apakah usaha tersebut Layak dikembangkan.

Hasil penelitian ini dapat diperoleh bahwa dari Aspek Pasar mendapatkan market share mendapatkan market share 7,7% , dari aspek Finansial  mendapatkan  NPV Rp. 601.575.502,-  IRR 18,49. Pay Back Period diperoleh hasil 1 tahun 7 bulan, PI sebesar 16 , dan didukung Aspek Teknis ,Aspek Manajemen dan organisasi, Aspek Hukum dan Aspek Sosial Ekonomi yang sesuai, sehingga pengembangan usaha tersebut Layak Untuk direalisasikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-21
How to Cite
PrabowoD. S. (2019). STUDY KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRI DI F.A.P CLOTHING KABUPATEN MALANG. Jurnal Valtech, 1(2), 123-130. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/749