PERBAIKAN POSISI KERJA PADA STASIUN KERJA PRODUKSI MEBEL DENGAN MENGGUNAKAN KAIDAH ERGONOMI GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ( STUDI KASUS UD. SINAR JAYA )

  • Erwin Adi Prasetya Teknik Industri ITN Malang
Keywords: Antropometri, Alat, dan Produktivitas

Abstract

  1. Sinar Jaya adalah usaha dagang yang bergerak dibidang produksi mebel. Produk yang dihasilkan dari perusahaan tersebut diantaranya meja, kursi, dll. Dalam menyelesaikan proses produksinya, operator dihadapkan dengan banyaknya tugas yang dikerjakaan dan pekerjaan tersebut dilakukan secara berulang atau dengan gerakan kerja yang monoton. Waktu yang dibutuhkan pekerjaan tersebut juga cukup lama, posisi kerja operator yang kurang nyaman yaitu terlalu membungkuk dalam proses produksinya dirasa belum ergonomis. Berdasarkan posisi kerja tersebut akan dilakukan redesain terhadap stasiun kerja. Metodologi yang digunakan meliputi data dimensi tubuh, data – data subyektif dan data waktu operasi. Kemudian akan dibandingkan kondisi kerja sebelum redesain dengan sesudah redesain guna melihat produktivitas yang dihasilkan. Dari hasil analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa beban yang dialami punggung berkurang menjadi 30 Nm dan produktivitas kerja operator turut meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-21
How to Cite
PrasetyaE. A. (2019). PERBAIKAN POSISI KERJA PADA STASIUN KERJA PRODUKSI MEBEL DENGAN MENGGUNAKAN KAIDAH ERGONOMI GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ( STUDI KASUS UD. SINAR JAYA ). Jurnal Valtech, 1(2), 150-156. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/762