ANALISIS KELAYAKAN IDE BISNIS STARTUP DIGITAL FOOD-MATES MENGGUNAKAN MODEL VALUE PROPOSITION CANVAS (VPC) DAN METODE FINANCIAL PROJECTION
Abstract
Food-Mates adalah sebuah ide startup bisnis yang bergerak dibidang makanan dan minuman sebagai brand akusisi dan investor. Dengan produknya yaitu “Naskarin” yaitu produk nasi bakar mengusung konsep makanan cepat saji. Tujuan penelitian ini yaitu memberikan rekomendasi terhadap kebutuhan produk serta layanan makanan cepat saji kepada konsumen dengan segmentasi pasar mahasiswa di Kota Malang, serta mengetahui kelayakan bisnis startup digital Food-Mates ditinjau dari aspek finansial. Pengolahan data penelitian ini menggunakan model value proposition canvas (VPC) untuk mengetahui prioritas kebutuhan pelanggan makanan cepat saji dan proyeksi finansial. Hasil dari penelitian ini didapat prioritas kebutuhan pelanggan makanan cepat saji dan proyeksi finansial ide startup digital Food-Mates menggunakan produk “Naskarin” profit pada kuarter kedua sejumlah Rp.1.236.847,31 karena menutupi minus pada kuarter pertama. Dan pada kuarter ketiga dan seterusnya stabil profit sebesar Rp6.750.847,31. Ide bisnis startup digital Food-Mates layak dijalankan.