PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN PADA PENJUALAN KUE BASAH TRADISIONAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) DI UMKM TITIN CATERING

  • Bima Jalu Pamungkas Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Iftitah Ruwana Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Thomas Priyasmanu Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Kue basah tradisional, faktor internal & eksternal, SWOT, QSPM

Abstract

UMKM Titin Catering adalah salah satu UMKM yang berkecimpung dibidang usaha kue basah tradisional. Permasalahan yang dihadapi UMKM Titin Catering yaitu penurunan penjualan kue basah tradisonal karena adanya permasalahan pada faktor internal dan eksternal. Perencanaan Strategi Pemasaran Pada Penjualan Kue Basah Tradisional Dengan Menggunakan Metode SWOT Dan QSPM. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di UMKM Titin Catering terdapat beberapa masalah dari segi faktor internal dan eksternal. Tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan faktor internal dan eksternal strategi pemasaran di UMKM Titin Catering dan menetapkan alternatif strategi pemasaran yang sesuai atau terbaik bagi UMKM Titin Catering dengan menggunakan pendekatan metode SWOT dan QSPM. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode SWOT dan QSPM. Dari hasil penelitian tersebut faktor internal yang mempengaruhi strategi pemasaran yaitu kualitas produk yang baik, sedangkan kelemahan utama yaitu sering melakukan rotasi dan tugas pekerja berlipat ganda. Sedangkan pada faktor eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran dari peluang yaitu kemajuan teknologi yang berkembang saat ini, sedangkan ancaman utamanya yaitu persaingan yang cukup ketat, persebaran pelanggan yang kurang luas, dan persaingan harga yang kompetitif. Pada metode SWOT dihasilkan 10 alternatif strategi dan pada metode QSPM alternatif strategi yang diprioritaskan yaitu menjaga stabilitas kualitas produksi UMKM dengan Total Attractive Score 7,724.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-04
How to Cite
PamungkasB. J., RuwanaI., & PriyasmanuT. (2023). PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN PADA PENJUALAN KUE BASAH TRADISIONAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) DI UMKM TITIN CATERING. Jurnal Valtech, 6(2), 334-344. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/7659