PENGARUH CELEBRITY ENDORSMENT, LIFESTYLE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Sri Agustiani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Esa Unggul
  • Suryari Purnama Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Esa Unggul
Keywords: Celebrity Endorsment, Brand Image, Lifestyle dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara simultan dan parsial dari Celebrity Endorsement, Brand Image, dan Lifestyle terhadap keputusan pembelian kosmetik lipstik Wardah. Data primer dikumpulkan melalui metode survei dengan mendistribusikan kuesioner kepada responden yang menggunakan produk kosmetik Lipstik Wardah. Jumlah responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 140 orang, yang dipilih menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama, Celebrity Endorsement, Brand Image, dan Lifestyle memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara individu, Celebrity Endorsement, Brand Image, dan Lifestyle juga memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Universitas Esa Unggul dengan tujuan untuk mengidentifikasi pengaruh faktor-faktor tersebut dalam konteks tersebut. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi Wardah dalam strategi penggunaan celebrity endorser dan dalam upaya meningkatkan citra merek mereka. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan kosmetik dapat mempertimbangkan penggunaan celebrity endorser dan upaya perbaikan citra merek untuk meningkatkan keputusan pembelian produk mereka di pasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-09
How to Cite
AgustianiS., & PurnamaS. (2023). PENGARUH CELEBRITY ENDORSMENT, LIFESTYLE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Valtech, 6(1), 120-125. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/7704