ANALISIS SISTEM PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE MARKETING MIX 4P DALAM MEMPENGARUHI PENINGKATAN PENJUALAN (STUDI KASUS KONVEKSI SEMUT GENI MOJOKERTO)

  • Septiann Eka Prayuda Teknik Industri S-1, ITN Malang
  • Iftitah Ruwana Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Iftitah Ruwana Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Kiswandono Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Marketing, Marketing Mix 4P

Abstract

Dalam konteks konveksi Semut Geni, konsep 4P (Product, Price, Place, Promotion) digunakan dalam strategi marketing mix, yang merupakan topik utama skripsi ini. Tujuan dari diskusi ini adalah untuk menganalisis strategi marketing mix yang menggunakan konsep 4P Product, Price, Place, and Promotion pada Konveksi Semut Geni. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berasal dari dua sumber: data primer, yaitu wawancara dengan pemilik Konveksi Semut Geni, dan data sekunder, yaitu laporan terkait pemasaran yang telah disiapkan oleh Konveksi Semut Geni sebelumnya. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi strategi marketing mix yang menggunakan konsep 4P (product, price, place, and promotion) di Konveksi Semut Geni. Data yang dikumpulkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ini bekerja dengan baik.Selalu memberikan kualitas dan kualias produk sesuai dengan keinginan pelanggan untuk memberikan hasil terbaik adalah strategi produk yang dilakukan. Strategi harga adalah dengan memberikan potongan harga kepada pelanggan apabila mereka memesan produk dalam jumlah yang banyak, yang akan menghasilkan potongan harga sekitar 3%. Strategi lokasi adalah dengan memberi pelanggan kemampuan untuk memesan produk melalui media sosial seperti WhatsApp, sehingga pelanggan tidak perlu pergi ke toko fisik Konveksi Semut Geni. Setelah produk selesai, perusahaan Konveksi Semut Geni akan langsung mengirimkan melalui media cetak dan media sosial. Iklan di media cetak seperti melalui pamflet, iklan di luar ruangan seperti spanduk atau baliho, dan iklan di media sosial seperti Instagram, WhatsApp, dan Facebook.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-22
How to Cite
Eka PrayudaS., RuwanaI., RuwanaI., & Kiswandono. (2024). ANALISIS SISTEM PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE MARKETING MIX 4P DALAM MEMPENGARUHI PENINGKATAN PENJUALAN (STUDI KASUS KONVEKSI SEMUT GENI MOJOKERTO). Jurnal Valtech, 7(1), 20-25. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/9236