PENGEMBANGAN BISNIS PAKAIAN WANITA MEREK "MUSEUM: THE STORY OF LIFE" MELALUI ANALISIS SWOT DAN QFD

  • Yusfina Hima Darmayanti Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sri Indriani Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Heksa Galuh W. Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Museum: The Story of Life, SWOT, QFD, Pengembangan bisnis

Abstract

Museum: The Story of Life” menghadapi penurunan penjualan dan kesadaran merek yang rendah sejak 2018. Dalam mengatasi tantangan ini, dilakukan analisis SWOT dan QFD untuk memahami dan meningkatkan kinerja bisnis. Identifikasi SWOT menyoroti kekuatan personalisasi produk, beragam jenis kain, dan penekanan pada kualitas, tetapi juga menunjukkan kelemahan seperti kurangnya tenaga kerja. Peluang terletak pada segmentasi kelas atas, inovasi desain, platform digital, dan respons terhadap konsep slow fashion. Ancaman melibatkan kemunculan fast fashion dan persaingan dengan merek serupa. Meskipun nilai IFAS (0,90) dan EFAS (0,40) menunjukkan nilai rendah dalam pengelolaan peluang, posisi perusahaan di Kuadran I menunjukkan potensi pertumbuhan optimal. Disarankan menerapkan strategi progresif dengan fokus pada inovasi, pengembangan digital, dan penetrasi ke segmen kelas atas untuk membangun fondasi kuat dan terus berkembang di masa mendatang. Dengan memprioritaskan kenyamanan konsumen dan meningkatkan kualitas paska-cuci, "Museum: The Story of Life" dapat merencanakan pertumbuhan strategis dengan memanfaatkan kekuatan internal dan peluang eksternal, mempertahankan posisi kompetitif melalui personalisasi, inovasi, dan fokus pada segmen pasar kelas atas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-22
How to Cite
DarmayantiY. H., IndrianiS., & Galuh W.H. (2024). PENGEMBANGAN BISNIS PAKAIAN WANITA MEREK "MUSEUM: THE STORY OF LIFE" MELALUI ANALISIS SWOT DAN QFD. Jurnal Valtech, 7(1), 26-37. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/9244