ANALISIS SWOT DAN MARKETING MIX PADA PRODUK KERIPIK TALAS MENTARI-KOE

  • Bagos Adi Nugroho Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Salmia L.A Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sumanto Sumanto Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Analisis SWOT, Marketing Mix, Strategi dan bauran pemasaran

Abstract

UMKM Mentari-Koe, produsen keripik talas di Selokurung, Desa Kaumrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, berdiri sejak 2016. Permasalahan utama adalah sulit mencapai target penjualan dan persaingan ketat dengan produsen sejenis di Kecamatan Ngantang yang memiliki penjualan lebih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan faktor-faktor analisis SWOT, kuadran, dan strategi pemasaran (4P) UMKM Mentari-Koe. Analisis bauran pemasaran dan analisis SWOT digunakan dalam metodologi penelitian ini. Dengan memaksimalkan kekuatan dan peluang sambil mengatasi kelemahan dan ancaman. Tujuan dari analisis bauran pemasaran adalah untuk memperoleh tanggapan yang diinginkan dari pasar sasaran dengan menganalisis produk, harga, tempat dan promosi, dan distribusi. Hal ini akan menunjukkan tingkat keberhasilan pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan UMKM Mentari-Koe berada di kuadran II, yaitu memiliki kekuatan meskipun ada ancaman dari luar. Strategi yang sesuai adalah S.T (Strengths-Opportunities). Produk UMKM memiliki dua jenis keripik yaitu keripik talas gelombang dan stik, harga walaupun lebih mahal pihak agen merasa puas dengan produk, lokasi kurang strategis, promosi dilakukan langsung ke agen, dengan peluang untuk memasarkan produk melalui e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-23
How to Cite
NugrohoB. A., L.AS., & SumantoS. (2024). ANALISIS SWOT DAN MARKETING MIX PADA PRODUK KERIPIK TALAS MENTARI-KOE. Jurnal Valtech, 7(1), 203-214. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/9290