PENGARUH PEMASARAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PENJUALAN AYAM GEPREK MAK TI DI KEBONAGUNG MALANG

  • David Adi Putra Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Iftitah Ruwana Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sri Indriani Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Regresi Linier Berganda, Pemasaran, Kualitas Produk, Penjualan

Abstract

Ayam Geprek Mak Ti merupakan UMKM di bidang kuliner yang menu utamanya adalah ayam  pilihan dan dimasak sendiri. Ayam Geprek Mak Ti sendiri berlokasi di Jalan Sidodadi, Desa Kebonagung, Kabupaten Malang. Berdasarkan pantauan UMKM, masih terdapat beberapa permasalahan seperti kurangnya  pemasaran yang dilakukan oleh manajemen UMKM yang menyebabkan penurunan penjualan dalam beberapa bulan terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran dan kualitas produk yang paling  mempengaruhi penjualan UMKM Ayam Geprek Mak Ti.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan survei. Teknik analisis data juga menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.

Kesimpulan penelitian ini adalah variabel pemasaran (X1) dan variabel kualitas produk (X2) berpengaruh terhadap penjualan. Pemasaran (X1) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,031 dan t hitung sebesar 2,136 lebih besar dari t tabel dengan nilai sebesar 1,69236 menunjukkan bahwa Pemasaran (X1) berpengaruh positif terhadap Penjualan (Y). Sedangkan nilai regresi kualitas produk (X2) sebesar -0,082 dan t hitung sebesar -4,536 lebih kecil dari  1,69236 pada tabel t, hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk (X2) mempunyai pengaruh negatif terhadap penjualan (Y).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-23
How to Cite
Adi PutraD., RuwanaI., & IndrianiS. (2024). PENGARUH PEMASARAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PENJUALAN AYAM GEPREK MAK TI DI KEBONAGUNG MALANG. Jurnal Valtech, 7(1), 245-250. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/9398