PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK KOSMETIK BARENBLISS

  • Nabila Nabila Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Esa Unggul
  • Ferryal Abadi Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Esa Unggul
Keywords: Online Customer Review, Online Customer Rating, Kepercayaan, Minat Beli

Abstract

Fitur online customer review dan online customer rating sangat diminati dalam platform belanja online. Ketika mempertimbangkan pembelian produk, calon pelanggan mengandalkan ulasan dan penilaian pelanggan lain sebagai panduan untuk membangun kepercayaan terhadap produk tersebut. Kepercayaan memegang peranan penting dalam penjualan online, memengaruhi minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh online customer review, online customer rating, dan kepercayaan terhadap minat beli. Dalam pendekatan kuantitatif, data dianalisis menggunakan SPSS 26, dengan data primer dari kuesioner kepada populasi di Jabodetabek yang mengetahui produk kosmetik Barenbliss. Dari 100 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling, analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa online customer review tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, sementara online customer rating dan kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan. Secara bersama-sama, ketiga faktor tersebut secara signifikan mempengaruhi minat beli, sesuai dengan hasil uji F.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-20
How to Cite
Nabila, N., & Abadi, F. (2024). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK KOSMETIK BARENBLISS. Jurnal Valtech, 7(2), 270-275. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/9454