PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PENDIDIK SEKOLAH KRISTEN DI JAKARTA BARAT
Abstract
Sekolah membutuhkan pemimpin dengan gaya kepemimpinan yang sesuai, seperti gaya kepemimpinan situasional, yang berpengaruh besar terhadap jalannya kegiatan dan pencapaian tujuan sekolah. Motivasi kerja di lingkungan sekolah juga memengaruhi produktivitas para pendidik. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap produktivitas para pendidik di sekolah Kristen Jakarta Barat. Sampel sebanyak 105 responden dipilih melalui purposive sampling, dengan kriteria pendidik yang telah bekerja lebih dari satu tahun. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dengan skala Likert melalui Google Form. Analisis dilakukan menggunakan metode SEM PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja, dan gaya kepemimpinan juga memengaruhi motivasi kerja. Implikasi manajerialnya adalah pentingnya pemimpin sekolah dalam mengembangkan kepemimpinan yang berkualitas dan memberikan dorongan yang efektif kepada para pendidik untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai tujuan sekolah