PENERAPAN PETA KONTROL UNTUK PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PROSUKSI TUSUK SATE (STUDI KASUS : HOME INDUSTRY MASKUN WAJAK MALANG)

  • Fendra Wahyu Prasetiono Teknik Industri ITN Malang
Keywords: Tusuk sate, Kualitas, Pengendalian Kualitas, Peta Kontrol, Pareto, Fishbone

Abstract

Setiap bidang usaha selalu memerlukan pengendalian mutu atau kualitas. Dalam hal ini dimaksudkan agar produk yang dibuat dapat memenuhi keinginan konsumen yang mengharapkan produk sempurna tanpa cacat. Home Industry Maskun Wajak Malang yang bergerak di bidang produksi tusuk sate dalam produksinya mengalami kendala yaitu banyaknya produk yang terbuang karena cacat. Adanya kendala tersebut dapat mengakibatkan menurunnya tingkat keuntungan yang diterima oleh pemilik usaha. Teori pendukung yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitas, pengendalian kualitas, Peta Kontrol, Pareto, Fishbone. Hasil penelitian ini didapatkan data panjang tusuk sate sebagai data variabel masih belum terkendali secara statistikal, sehingga proses produksinya dapat dikatakan belum terkendali karena disebabkan oleh kinerja karyawan yang belum maksimal, sedangkan untuk kecacatan produk sebagai data atribut ada tiga karakteristik yaitu cacat terbelah, patah, tipis. Dari tiga karakteristik tersebut cacat tipis yang paling mendominasi daripada kecacatan yang lainnya, tetapi kecacatan tersebut belum terlalu berpengaruh terhadap jalannya proses produksi. Selanjutnya dapat disimpulkan, untuk mengurangi kendala proses produksi yang masih belum normal dan untuk mengurangi angka kecacatan produksi maka pemilik usaha harus melakukan pengendalian terhadap semua hal yang berkaitan dengan proses produksi, mulai dari perhatian terhadap kondisi fisik karyawan serta metode yang tepat untuk melakukan proses produksi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-16
How to Cite
PrasetionoF. W. (2019). PENERAPAN PETA KONTROL UNTUK PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PROSUKSI TUSUK SATE (STUDI KASUS : HOME INDUSTRY MASKUN WAJAK MALANG). Jurnal Valtech, 1(1), 88-95. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/96