open access

Abstract

Iklan dapat diartikan sebagai media informasi yang dapat diakses dengan mudah, efektif dan efesien. Iklan yang ada sementara ini bersifat global, yaitu tidak adanya filter untuk menampilkan jenis iklan berdasarkan usia. Padahal hal tersebut dapat berdampak kurang baik jika anak usia dini menyaksikan iklan yang dihasilkan untuk dewasa. Filter pada iklan dapat memanfaatkan kamera, yaitu dengan bantuan image processing. Filter dengan bantuan kamera ini adalah mengelompokkan setiap wajah yang terdeteksi berdasarkan usia. dilakukan, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut:   Penerapan citra digital pada pengaturan pendeteksian usia menggunakan opencv sebagai library yang digunakan serta menggunakan bahas pemrograman python yang di olah di dalam mini komputer yaitu raspberry pi. Sistem dapat mendeteksi adanya wajah dengan parameter usia pada anak 4-20 tahun dan dewasa 31 – 80 tahun pada pengujian seseorang dengan cepat dan akurat menggunakan metode jaringan saraf tiruan dengan sekema deep neural network sehingga tingkat akurasi wajah yaitu 99% sehingga iklan dapat berubah dari iklan konten dewasa ataupun anak-anak.