STUDI PERBANDINGAN PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU

Studi Kasus : Pada Ruas Jalan Kali Brantas STA 0+000 - 5+300 Kota Blitar

  • Chantika Ramadhani Teknik Sipil S1 Institut Teknologi Nasional Malang
  • Nusa Sebayang Teknik Sipil S1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Annur Ma'aruf Teknik Sipil S1, Institut Teknologi Nasional Malang
Kata Kunci: Bending pavement, RAB, Rigid Pavement

Abstrak

Salah satu proyek pemerintah Kota Blitar yang sedang dalam pelaksanaan yaitu proyek pembangunan dan peningkatan Ruas Jalan Kali Brantas. Ruas Jalan Kali Brantas Kota Blitar merupakan jalan perkotaan yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan ekonomi di wilayah Kota Blitar karena terdapat pusat industri di wilayah sekitar jalan tersebut. Laporan akhir ini bertujuan untuk membandingkan dari perencanaan antara perencanaan perkerasan lentur dan perkerasan kaku pada proyek pembangunan dan peningkatan Ruas Jalan Kali Brantas agar diperoleh hasil perencanaan jalan yang memiliki tingkat kekuatan dan masa pelayanan yang tinggi. Data – data yang diperlukan meliputi CBR (California Bearing Ratio), volume kendaraan, pertumbuhan lalu lintas, iklim lokasi proyek dan harga satuan pekerjaan yang mengacu pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Blitar bidang bina marga. Metode yang digunakan pada perkerasan lentur adalah metode Bina Marga 2017 dan metode perkerasan kaku mengacu pada buku Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003). Untuk menyelesaikan perencanaan ini progam yang digunakan adalah Microsoft Word, Microsoft Excel, dan AutoCad. Dari hasil perbandingan perencanaan perkerasan, jenis perkerasan yang disarankan adalah Perkerasan Lentur. Perkerasan Lentur memiliki tebal Lapis AC-WC 40mm Lapis AC-BC 60mm Lapis AC-Base 80mm Lapis Pondasi Kelas A 300mm dan membutuhkan biaya konstruksi sebesar Rp. 33.856.783.000

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-06-02
Bagian
Articles