open access

Abstract

Proyek Pembangunan Gedung ICU, ICCU dan NICU RSU dr. Saiful Anwar Malang pada tahun anggaran 2013 yang mengalaami keterlambatan diduga dikarenakan penggunaan metode penjadwalan yang kurang tepat. Oleh kerena itu untuk mengatasi keterlambatan tersebut, maka haruslah menggunakan metode/cara yang tepat dan benar dengan biaya yang efisien, salah satu metode yang bisa gunakan adalah metode Fast Track. Dengan metode tersebut diharapkan proyek dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya waktu pelaksanaan Proyek Pembangunan Gedung ICU, ICCU dan NICU RSU dr. Saiful Anwar Malang setelah dilakukan fast track dan untuk mengetahui besarnya biaya yang dapat dihemat dengan menggunakan metode fast track. Metode penelitian yang dilakukan adalah menggunakan penjadwalan dengan CPM, melakukan percepatan pada aktivitas yang berada di lintasan  kritis, melakukan fast track pada lintasan kritis sampai mendapatkan waktu jenuh dan mendapatkan waktu optimum dengan biaya yang minimum.

Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa besarnya waktu yang diperoleh adalah 23 hari kalender atau 50,0% dari waktu normal 46 hari atau lebih cepat 23 hari dan biaya yang bisa dihemat adalah Rp. 48.325.539,- dari biaya normal Rp. 2.029.672.351 atau terjadi penghematan 2,38%.